Desa Wisata Stroberi, Olah Jadi Jus, Selai, Dodol Hingga Es Krim

Per hari secara fresh penghasilannya sampai setengah ton stroberi. Stroberi itu bisa diolah menjadi jus, selai, dodol, kripik, hingga es krim.

Desa Wisata Stroberi, Olah Jadi Jus, Selai, Dodol Hingga Es Krim
SURYAMALANG.COM/Benni Indo
pengunjung Desa Wisata stroberi berada di tengah tanaman stroberi 

Suryatravel.com - Warga juga turut menyadari akan hadirnya ikon stroberi sebagai ikon desa. Ketika masuk di kawasan Lumbung Stroberi, sudah dapat dipastikan akan ditemui ornamen-ornamen tentang stroberi di rumah-rumah penduduk. Mulai dari lukisan stroberi hingga patung-patung kecil.

“Kondisi sekarang ya Alhamdulillah pertumbuhan cukup bagus, meskipun berat. Kalau saya bilang tempat ini menjadi pilihan di Jatim. Yang datang ke sini anak sekolah, pemerintahan, kemudian juga tentu saja dari pengunjung reguler seperti keluarga,” kata Mukhlas Rofiq,  Direktur Bumdes Raharjo Desa Wisata Pandanrejo.

Produk stroberi yang dihasilkan tidak hanya dijual di lokasi, tapi juga dijual ke laur Kota Batu. Penjualannya melalui offline dan online.

“Penjualannya online dan ofline. Pada Oktober lalu sampai 1500 orang di akhir pekan. Sebulan ya bisa sampai 5000 orang pengunjung,” jelasnya.

Ada 1 ha tanah milik desa. Sedangkan yang lain adalah lahan petak milik petani. Jumlahnya ada puluhan hektar kebun stroberi di Desa Pandanrejo.

“Per hari secara fresh penghasilannya sampai setengah ton stroberi. Stroberi itu bisa diolah menjadi jus, selai, dodol, kripik, hingga es krim. Ini kondisi yang bagus karena terjadi pemberdayaan,” imbuh Rofiq.

Saat ini terdapat 20 karyawan di Lumbung Stroberi. Karyawannya berasal dari warga Pandanrejo sendiri. Dijelaskan Rofiq, rencana ke depannya Lumbung Padi akan membangun green house hodroponik, homestay, perpustakaan, museum stroberi dan kolam renang. Rofiq juga merencanakan akses menuju wisata di sekitar Desa Pandanrejo.

“Kami sangat optimis. Ini  ada kesempatan buat pengembangan desa. Justru untung, bahkan tidak dibantu pun bisa jalan,” terang Rofiq. (Benni Indo)

Ikuti kami di
Editor: Wiwit Purwanto
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved