Pesona Desa Wisata Sumbersalak, Jember, Konon Damarwulan Lahir disini

Pesona Desa Sumbersalak Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember patut untuk diekplorasi, berpetualang sehari pasti tidak akan cukup.

Pesona Desa Wisata Sumbersalak, Jember,  Konon Damarwulan Lahir disini
surya/Sri Wahyunik
Konon daerah di sekitar pohon inilah lokasi lahirnya Damarwulan. 

Suryatravel.com-  Pesona Desa Sumbersalak Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember patut untuk diekplorasi. Berpetualang selama satu hari untuk berkeliling desa itu tidaklah cukup. Mengingat komplitnya destinasi wisata di desa itu.

"Jangan hanya melihat wisata alamnya, namun juga ada agro pertaniannya, juga ada keseniannya," ujar Iwan Joyo Suprapto, Ketua Pokdarwis Damarwulan Desa Sumbersalak.

Paket wisata agro pertanian yang bisa dinikmati adalah petik pepaya dan selada air. Iwan menuturkan, pepaya merupakan komoditas pertanian buah yang ditanam di desa tersebut. 'Selain padi, banyak ditanam pepaya di sini. Jadi pengunjung bisa menikmati wisata petik pepaya," ujarnya.

Desa Sumbersalak juga dikenal sebagai satu-satunya desa di Kecamatan Ledokombo yang memiliki lahan penanaman selada air. Pengunjung bisa diajak berwisata memetik selada air, sekaligus menata sayuran tersebut. "Orang sini menyebutnya arnong untuk selada itu," katanya.

Pokdarwis Damarwulan menggandeng sejumlah orang pengelola destinasi wisata, dan kelompok kesenian di Sumbersalak untuk mengembangkan masing-masing destinasi wisata.

Karenanya, Pokdarwis Damarwulan juga menawarkan wisata kesenian bagi wisatawan. Salah satunya kesenian alat musik yang terbuat dari bambu.

"Pembuatnya menyebutnya Rentong, itu sisanya bambu yang dibuat sebagai kentongan. Namun alat musik ini macam-macam tidak hanya kentongan saja. Jika ada pengunjung yang ingin menyaksikannya kami akan memfasilitasi adanya pertunjukan Rentong ini," ujar Iwan.

Pokdarwis Damarwulan juga menawarkan paket wisata jelajah hutan pinus. Hutan pinus milik Perhutani itu ada di Dusun Juroju. Pengunjung bisa melihat proses pengumpulan getah pinus. "Juga ada jelajah sungai yang terkenal di sini, bahkan mungkin di Jember yakni Sungai Gileh, atau sungai Gila. Sungai itu disebut sungai gila karena tiba-tiba saja airnya bisa meluap atau debitnya tiba-tiba membludak. Sungai ini berhulu di Gunung Raung," kata Iwan.

Jika berkunjung ke Sumbersalak, jangan lupakan pula Dusun Paluombo. Sebuah dusun yang menyimpan kisah Damarwulan, seorang pemuda tampan yang dikisahkan membantu Majapahit saat berperang melawan Minak Jinggo dari Kerajaan Blambangan.

Ada sebuah pohon besar yang oleh warga setempat disebutnya sebagai pohon rampak, atau pohon rindang. Pohon itu adalah pohon trembesi yang sangat besar, tinggi, dan rindang. Tidak banyak warga yang tahu berapa usia pohon tersebut.

"Namun warga Sumbersalak meyakini kalau kawasan ini merupakan petilasan Damarwulan. Daerah di sekitar pohon inilah lokasi lahirnya Damarwulan. Kisah ini yang kami ketahui secara turun temurun," kata Khosin Alfiandani, Ketua Pokja Air Terjun Damarwulan yang juga pemuda Desa Sumbersalak. (Sri Wahyunik)

Ikuti kami di
Editor: Wiwit Purwanto
Sumber: Surya
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved