Pesona Selopark, Desa Perning, Jatikalen Andalan Wisata Nganjuk, Dulunya Area Tambang Galian Tanah

konsep Desa Wisata menjadikan Selopark Perning bisa menjadi salah satu tempat andalan untuk dapat dikunjungin para wisatawan di Kabupaten Nganjuk.

Pesona Selopark, Desa Perning, Jatikalen Andalan Wisata Nganjuk, Dulunya Area Tambang Galian Tanah
suryatravel/Amru Muiz
wisata alam Selopark Nganjuk dulunya adalah bekas tambang galian tanah 

Suryatravel.com – Wajah bekas tambang galian tanah di Dusun Seloguno Desa Perning Kecamatan Jatikalen Kabupaten Nganjuk , kini berubah. Wajah desa yang berjarak sekitar 50 Kilometer dari ibu Kota Nganjuk itu kini jadi jujugan wisata.

Keindahan desa itu kini menjadi obyek wisata Selopark,  sebelumnya kawasan ini adalah lokasi pertambangan galian tanah untuk berbagai proyek industri dan jalan tol.

Namun berkat kejelian dan ide brilian dari pemilik lokasi tambang, Kacung Harmadi, lokasi tersebut menjadi sebuah obyek wisata berkonsep Desa wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi wisatawan.

Sejak awal Kacung Harmadi sudah memikirkan bagaimana agar bekas tambang galian miliknya yang dikenal sebagai daerah yang tandus menajdi lebi terkenal.

Apalagi kawasan itu setelah menjadi obyek tambang kini sudah habis. Tapi kawasan itu juga tidak bisa dibiarkan begitu saja. Nah munculah ide menjadikan bekas tambang galian tanah sebagai obyek wisata buatan dengan panorama hijau dan indah.

Apalagi di dekat lokasi bekas tambang galian tanah itu ada Waduk Perning sebagai tempat penampungan air untuk keperluan irigasi persawahan.

"Dari situ kami melakukan penambangan tidak asal tambang, melainkan sudah kami atur dengan baik sesuai desain dan hasilnya bisa dilihat sebuah obyek wisata yang cukup menarik dan mempesona kehijauan," kata Kacung Harmadi.

Di obyek wisata Selopark kini terdapat berbagai area bermain dan bersantai bersama keluarga, sambil menikmati pesona pemandangan alam perbukitan Kendeng.

Selain menawarkan kawasan wisata alam, di Selopark kini juga sudah dilengkapi dengan pujasera, restoran, villa, arena pertunjukan hiburan, pemandian sumber alam, kolam renang, dan arean bermain anak anak.

Bahkan, bagi wisatawan yang ingin berpetualang ke air terjun Grojokan Cemoro Ngebleng di kawasan wisata Telogo Selo yang berjarak sekitar 5 kilometer dari Selopark juga disediakan ATV (All Terrain Vehicle) atau berkuda, dan speedboad.

Untuk menjadikan bekas area tambang menjadi wisata Selopark banyak tantangannya, tetapi berkat dukungan penuh dari warga Desa Perning,  Kecamatan Jatikalen menjadikan semangat untuk mewujudkan Selopark menjadi obyek wisata andalan.

Bahkan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Nganjuk menjadikan Selopark kini makin dikenal   masyarakat luas. 

Untuk masuk ke wisata Selopark pengunjung cukup membayar tiket masuk Rp 10 ribu per orang. Kedepan Selopark ini akan terhubung dengan Segitiga emas Pariwisata andalan Kabupaten Nganjuk nantinya. (Achmad Amru Muiz)

Ikuti kami di
Editor: Wiwit Purwanto
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved