Desa Wisata Hutan Bambu Lumajang

Bereda Di Lereng Gunung Semeru, Wisata Hutan Bambu Sumbermujur Lumajang Makin Diminati

Hutan Bambu Sumbermujur berada di Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, merupakan salah satu desa wisata di Jawa Timur.

Bereda Di Lereng Gunung Semeru,  Wisata Hutan Bambu Sumbermujur Lumajang Makin Diminati
suryatravel/sri wahyunik
Gapura Selamat Datang menuju Desa Wisata Hutan Bambu Sumbermujur Lumajang 

Suryatravel.com - Hutan Bambu Sumbermujur berada di Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, merupakan salah satu desa wisata di Jawa Timur.

Pengelolaan wisata hutan bambu ini patut menjadi percontohan sebuah desa wisata. Tidak aneh pula, wisata hutan bambu Sumbermujur menjadi percontohan desa wisata juga Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Kabupaten Lumajang.

Berada di bawah Gunung Semeru, tidak sulit mencari wisata hutan bambu Sumbermujur.

Meski berbatasan dengan kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), tepatnya di bawah Gunung Semeru, akses jalan sampai ke hutan bambu terbilang bagus. Kendaraan roda empat bisa menjangkau hingga ke lokasi parkir hutan bambu.

Pengunjung yang menuju hutan bambu juga disuguhi pemandangan indahnya persawahan.

Saat berkunjung ke tempat wisata itu, pekan ketiga Oktober 2019, hamparan tanaman pagi yang hijau, juga bulir padi yang menguning menjadi suguhan mata.

Belum lagi Gunung Semeru yang menjulang tinggi seakan mengucapkan selamat datang.

Agus Wijaya, Wakil Ketua Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Sabuk Semeru.yang bertanggungjawab atas pengelolaan wisata hutan bambu menjelaskan untuk mencapai lokasi wisata cukup mudah.

” Polsek Candipuro yang berada di Jalan Raya Lumajang - Malang menjadi kawasan tetenger untuk masuk ke kawasan hutan bambu,” katanya.

Dari jalan raya, Kata Agus,  pengunjung masih masuk sekitar 15 kilometer. Namun tidak perlu khawatir untuk menjangkaunya, karena papan petunjuk menuju tempat wisata itu cukup jelas.

Belum lagi akses jalan yang terbilang bagus, serta pemandangan yang indah.

Setibanya di Wisata Hutan Bambu Sumbermujur, deretan tanaman bambu menyambut pengunjung.

Tidak usah khawatir bosan di tempat itu. Sebab selain pengunjung bisa berwisata edukasi perihal bambu, wisatawan juga bisa menikmati suasana adem, dinginnya air yang bersumber dari Sumber Deling.

Anak-anak juga bisa berenang di kolam renang yang disediakan pengelola wisata itu sejak tahun 2016.

"Meskipun tempat ini merupakan tempat wisata, kami tetap ingin mengedepankan edukasi dan konservasi di tempat ini," tambah Agus.

Edukasi yang ditawarkan di tempat itu adalah pengetahuan tentang bambu, seperti jenisnya, pola tanamnya, juga manfaatnya.

Ada 18 jenis bambu berada di Hutan Bambu Sumbermujur. Diantaranya bambu kuning, bambu apus, petung, jajang, rampal, juga bambu endemik di kawasan itu yakni Bambu Nanap.

Bambu Nanap merupakan jenis bambu yang tumbuh merambat di lahan tandus, dengan batang kecil seperti rotan.

Sementara konservasi terus dilakukan untuk melestarikan tanaman dan sumber air di hutan bambu itu.

Sumber Deling, sumber air di dalam kawasan hutan itu menjadi penopang kehidupan warga desa setempat, dan sekitarnya. Sumber yang memiliki debit 800 liter per detik itu merupakan sumber air bersih dan pengairan sawah bagi warga sekitar.

Tidak heran, sepanjang tahun, warga Desa Sumbermujur bisa menanam padi karena tidak pernah kekurangan air.  (Sri Wahyunik)

Ikuti kami di
Editor: Wiwit Purwanto
Sumber: Surya
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved