Pesona Kayangan Api Di Sendangharjo, Bojonegoro, Tak Padam Meski Diguyur Hujan

Wisata yang dinamakan Kayangan Api, merupakan fenomena alam, dimana terdapat kandungan gas bumi di titik lokasi yang bisa menimbulkan api

Pesona Kayangan Api Di Sendangharjo, Bojonegoro, Tak Padam Meski Diguyur Hujan
suryatravel/muchammad sudarsono
Daya tarik api abadi di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur 

Suryatravel.com - Sebuah tempat wisata yang mengandalkan daya tarik api abadi terdapat di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Wisata yang dinamakan Kayangan Api, merupakan fenomena alam, dimana terdapat kandungan gas bumi di titik lokasi yang bisa menimbulkan atau memunculkan api.

Namun tempat tersebut mempunyai nilai histori yang kuat, rentetannya dengan cerita tentang kerajaan majapahit yang diyakini tak terlepas dari Kayangan Api.

Kepala Desa Sendangharjo, Prasetyo mengatakan, Kayangan Api merupakan tempat bersemayamnya Mbah Kriyo Kusumo atau Empu Supa atau lebih dikenal dengan sebutan Mbah Pandhe berasal dari Kerajaan Majapahit.

Di sebelah barat sumber api, terdapat kubangan lumpur yang berbau belerang dan menurut kepercayaan saat itu Mbah Kriyo Kusumo masih beraktivitas sebagai pembuat alat-alat pertanian dan pusaka seperti keris, tombak, cundrik dan lain-lain.

"Tempat tersebut diyakini masyarakat sudah ada sejak abad ke 12 atau 1200 masehi,saat masa kerajaan majapahit," kata Prasetyo.

Api sendiri tidak pernah padam meski saat terjadi hujan, hanya saja jika disertai angin kencang maka berpotensi padam. 

“Kalau hanya hujan saja api tidak padam, tapi kalau disertai angin maka bisa padam dan kita harus mancing menyalakan api agar kembali,” tukasnya.

Sementara itu, Kabag Humas Pemkab Bojonegoro, Masirin menyatakan, memang kayangan api ini sangat istimewa sekali karena tidak padam saat terjadi hujan, ini merupakan fenomena alam. 

Pihak Pemkab juga terus berupaya melestarikan wisata tersebut sebagai kekayaan alam yang dimiliki Bojonegoro. Di antaranya dengan menggelar berbagai even menarik di Kayangan Api.

“Kita buat even juga sebagai bentuk melestarikan kekayaan alam kayangan api, ada even musik jazz dan beebrapa even lainnya,” Pungkas Masirin. (Mochamad Sudarsono)

Ikuti kami di
Editor: Wiwit Purwanto
Sumber: Surya
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved