Daop 7 Meluncurkan KA Baru, KA Anjasmoro Relasi Jombang - Jakarta Pasar Senen PP.

KA baru salah satunya yang melintas di Daop 7 yaitu KA Anjasmoro relasi Jombang - Pasar Senen pp.

Daop 7 Meluncurkan KA Baru, KA Anjasmoro Relasi Jombang - Jakarta  Pasar Senen PP.
suryatravel/wiwit purwanto
persiapan petugas KAI menyambut momen libur Natal dan Tahun Baru 

Suryatravel.com - Calon penumpang KA pada masa Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019/2020 untuk memastikan kembali jadwal perjalanan KA yang akan dipesan. Sebab mulai 1 Desember 2019, KAI memberlakukan Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2019.

Manajer Humas Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko menjelaskan, kebijakan Gapeka 2019 ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan nomor KP 1781 Tahun 2019 tentang Penetapan Grafik Perjalanan KA Tahun 2019 PT KAI (Persero).

“Penetapan Gapeka 2019 ini untuk menggantikan Gapeka 2017 yang sebelumnya digunakan oleh KAI," jelas Ixfan dalam rilisnya, Kamis (28/11/2019).

Gapeka 2019 dibuat untuk memenuhi aspirasi dan kebutuhan pelanggan akan layanan kereta api yang dapat diandalkan.

Keunggulan Gapeka 2019 dibandingkan dengan Gapeka 2017 di Daop 7 Madiun  melayani lebih banyak KA yaitu 74 perjalanan KA penumpang dibandingkan Gapeka 2017 yaitu 66 perjalanan KA penumpang.

Selain itu penambahan kecepatan prasarana, penambahan kapasitas lintas melalui jalur ganda, dan memfasilitasi hadirnya KA baru salah satunya yang melintas di Daop 7 yaitu KA Anjasmoro relasi Jombang - Pasar Senen pp.

Penggunaan Gapeka 2019 ini juga akan berdampak pada perubahan jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta api, perubahan waktu tempuh, perubahan relasi KA, dan perubahan nama stasiun di wilayah Daop 7 Madiun yaitu Stasiun Barat menjadi Stasiun Magetan (MAG) dan Stasiun Paron menjadi Stasiun Ngawi (NGW).

Dijelaskan, Gapeka adalah pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan, yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api.

"KAI selalu berorientasi kepada kepuasan pelanggan dalam menentukan kebijakan perusahaan. Melalui Gapeka 2019, kami berharap semakin banyak lagi masyarakat yang akan menggunakan moda transportasi kereta api," jelas Ixfan.(didik mashudi)

Ikuti kami di
Editor: Wiwit Purwanto
Sumber: Surya
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved