Gemelare Bumi Blambangan, Dalam Festival Kuwung Tampilkan Seluruh Seni Tradisi Banyuwangi.

Ragam adat budaya di Kabupaten Banyuwangi tak ada habisnya untuk di eksplorasi. Banyuwangi kembali menggelar Festival Kuwung, Sabtu (7/12/2019)

Gemelare Bumi Blambangan, Dalam Festival Kuwung Tampilkan Seluruh Seni Tradisi Banyuwangi.
suryatravel/haorrahman
Festival Kuwung Banyuwangi Tampilkan Ragam Seni Budaya Kabupaten Banyuwangi 

Suryatravel.com - Ragam adat budaya di Kabupaten Banyuwangi tak ada habisnya untuk di eksplorasi.

Seperti kemarin Banyuwangi kembali menggelar Festival Kuwung, Sabtu (7/12/2019) malam.

Event yang menyuguhkan kekayaan seni budaya daerah dalam kemasan sebuah pertunjukan megah. Ribuan masyarakat pun antusias menyaksikan acara di sepanjang rute yang dilalui.

Festival Kuwung menjadi pesta budaya rakyat Banyuwangi. Berbagai seni daerah tampil dengan  sangat menarik dan menghibur. Hingga mengundang decak kagum.

Tidak hanya para penari dan aksi teatrikal yang ditampilkan dengan memikat, pawai mobil dengan aneka lampu yang menampilkan miniatur budaya daerah juga mampu mencuri perhatian.

Ribuan pendukung acara  tampil dalam balutan kostum yang atraktif. Ditambah iringan musik tradisional live sepanjang acara membuat suasana malam di Banyuwangi begitu meriah.

“Festival Kuwung adalah festival tertua yang ada di daerah. Kini dikemas dengan lebih istimewa menjadi atraksi wisata menarik  bersama puluhan event Banyuwangi sepanjang tahun,” kata Bupati Anas.

TIdak hanya menjadi sebuah aktifitas wisata, kata Bupati Anas, Festival Kuwung telah menjadi pesta seni budaya rakyat. 

Dimana budayawan berkolaborasi dengan anak-anak muda daerah pecinta seni terlibat dan berkolaborasi tampil sekaligus menguri-uri seni budaya lokal agar terus hidup dan berkembang.

“Festival ini adalah cara kolektif untuk menggerakkan gotong royong rakyat dan menumbuhkan kebersamaan khususnya anak-anak muda. Mereka  terlibat dan saling peduli untuk melestarikanlah seni budaya daerah,” ujar Bupati Anas.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Wiwit Purwanto
Sumber: Surya
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved