Museum HAM Munir Dibangun Di Kota Batu, Ada Koleksi Artefak Sejarah HAM dan Pusat Pembelajaran HAM

Peletakkan batu pertama pembangunan Museum HAM Munir dilakukan Minggu (8/12/2019). Bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

Museum HAM Munir Dibangun Di Kota Batu, Ada Koleksi Artefak Sejarah HAM dan Pusat Pembelajaran HAM
suryatravel/fatimatus zahroh
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Suciwati (istri alm. Munir) saat peletakkan batu pertama Museum HAM Munir di Kota Batu, 

Suryatravel.com – Museum HAM Munir akhirnya dibangun, Istri almarhum aktivis HAM Munir, Suciwati, bersyukur akhirnya semangat dan mimpinya untuk bisa mewujudkan Museum HAM Munir terwujud dan mendapatkan dukungan banyak pihak.

Dukungan itu seperti untuk lahan, Pemkot Batu memberikan hibah lahan seluas 2.200 meter persegi untuk dijadikan museum HAM dengan desain tiga lantai di Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Sedangkan untuk pembangunan fisiknya, Yayasan Museum HAM Omah Munir juga mendapatkan bantuan dari Pemprov Jawa Timur.

Anggaran pembangunan Museum HAM Munir sudah diplot di APBD Pemprov Jawa Timur di tahun 2020 mendatang sebesar Rp 5,2 miliar.

Peletakkan batu pertama pembangunan Museum HAM Munir dilakukan Minggu (8/12/2019). Bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa,

Ketua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik, dan juga pegiat penegakan HAM pembangunan museum yang akan menjadi museum HAM pertama di Indonesia itu dimulai juga terlihat di lokasi pembangunan Museum HAM Munir.

Peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan Museum HAM Munir dilakukan.

"Tahun lalu kami menemui ibu Khofifah, kami sampaikan bahwa penting untuk membuat ruang supaya masyarakat mengerti tentang pentingnya HAM. Maka kita mengusulkan agar membuat museum," kata Suciwati.

Desain konstruksi untuk museum HAM Munir ini diperoleh dengan cara melombakan desain arsitektur museum.

Desain yang terpilih kemudian dihitung ulang dan dimasukkan dalam RAB dan menghasilkan hitungan kebutuhan anggaran pembangunan mencapai Rp 10 miliar.

Nilai ini dikatakan Suci memang lebih banyak dua kali lipat dibandingkan rancangan awal yang diajukan ke Khofifah Indar Parawansa tahun lalu saat Khofifah belum resmi menjabat sebagai gubernur Jawa Timur. Saat itu hitungannya hanya Rp 5,2 miliar.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Wiwit Purwanto
Sumber: Surya
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved