Aktivitas Sambaran Petir Meningkat, BMKG Himbau Hindari Lapangan Terbuka dan Pohon Tinggi

Awan CB ini dapat menyebabkan hujan lebat disertai petir dan angin kencang sesaat

Suryatravel/ist
Hujan petir hindari tanah terbuka dan pohon yang tinggi 

Suryatravel.com- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda menghimbau kepada masyarakat Jatim waspada terjadinya peningkatan aktivitas sambaran petir.

Apalagi mengingat di wilayah Jatim termasuk Surabaya dan sekitarnya sudah memasuki musim penghujan. 

Prakirawan BMKG Juanda, Arif Krisna mengatakan peningkatan aktivitas petir diakibatkan karena awan Cumulonimbus (Cb) yang sudah banyak di wilayah Jatim. 

"Awan CB ini dapat menyebabkan hujan lebat disertai petir dan angin kencang sesaat. Dan diperkirakan fenomena cuaca ini akan terus terjadi selama musim penghujan," ujarnya seperti dikutip TribunJatim.com, Senin (16/12/2019).

Ia juga menjelaskan jika petir bisa saja menyambar hingga ke darat.

"Yang rawan terjadi kondisi seperti itu adalah lokasi lapangan terbuka atau lokasi yang memiliki pohon yang tinggi. Karena itu, ketika sudah melihat adanya kumpulan awan Cb segera menghindari lokasi tersebut dan berlindung di tempat yang aman," tambahnya.

Ia juga memberikan kondisi cuaca di wilayah Jatim yang diperkirakan akan mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang sesaat.  

Ada beberapa wilayah Jatim yang berpotensi terjadi hal itu dan diprediksi terjadi di siang hari.

Wilayah tersebut adalah Mojokerto, Bojonegoro, Madiun, Ngawi, Magetan, Kediri, Malang, Batu, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan, Tuban, dan Bojonegoro.(kukuh kurniawan)

Ikuti kami di
Editor: Wiwit Purwanto
Sumber: Surya
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved