Mengenal Kapal Selam Alugoro, Alutsista Buatan Anak Negeri Berkelas Dunia

Kapal selam Indonesia buatan PT PAL Indonesia, Alugoro telah memasuki tahapan Sea Acceptance Test (SAT).

Mengenal Kapal Selam Alugoro, Alutsista Buatan Anak Negeri Berkelas Dunia
Suryatravel/istimewa
Presiden Jokowi saat berada di PT PAL meninjau Kapal Selam Alugoro 

Suryatravel.com - Kapal selam Indonesia buatan PT PAL Indonesia, Alugoro telah memasuki tahapan Sea Acceptance Test (SAT).

Kapal selam KRI 405 Alugoro mampu melewati uji Nominal Diving Depth (NDD) di Perairan Utara Pulau Bali di kedalaman 250 meter.

NDD merupakan bagian dari 53 item Sea Acceptance Test (SAT).

Kapal ini rencananya akan diserahterimakan kepada Kementerian Pertahanan untuk digunakan TNI AL pada Desember 2020.

Sebenarnya, kapal ini bukanlah kapal pertama yang dibuat melalui kerjasama dengan Pemerintah Korea Selatan melalui Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co.Ltd (DSME).

Sebelumnya, tergabung dalam Batch 1, sudah ada dua kapal selam lain yang juga telah dioperasikan terlebih dahulu, yakni KRI Nagapasa dan KRI Ardadedali.

Ketiga kapal selam merupakan bagian dari kontrak antara RI dan Korea Selatan senilai 1,1 miliar dolar AS yang ditandatangani pada Desember 2011.

Kontrak tersebut termasuk transfer teknologi di mana pembuatan kapal selam dilaksanakan bersama dan kapal ketiga dibuat di Indonesia.

Nagapaksa dan Ardenali merupakan dua kapal selam yang dibuat di galangan kapal DSME, Korea Selatan. KRI Nagapasa-403 mulai berdinas di TNI AL sejak 2017 disusul KRI Ardadedali-404 pada 2018.

Bedanya, kapal selam Alugoro menjadi kapal selam pertama yang dirakit di Indonesia melalui kerjasama transfer teknologi dengan DMSE.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Wiwit Purwanto
Sumber: Surya
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved