Travelers Mau Ke Gunung Bromo Lewat Tosari, Perhatikan Jalur Ini Tertutup Materialan Longsor

Travelers Yang Mau Ke Gunung Bromo Lewat Jalur Tosari, Perhatikan Jalur Ini Tertutup Materialan Longsor

Travelers Mau Ke Gunung Bromo Lewat Tosari, Perhatikan Jalur Ini Tertutup Materialan Longsor
Suryatravel/galih lintartika
Cuaca hujan kerap terjadi longsor di jalur Tosari - Bromo, travelers wajib perhatikan ini 

Suryatravel.com – Musim hujan di kawasan wisata Gunung Bromo kerap terjadi longsor. 

Travelers wajib terus update jalur kawasan Bromo.

Seperti kejadian hari ini, jalur menuju wisata Gunung Bromo yang termasuk dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) via Tosari, Kabupaten Pasuruan tidak bisa dilewati untuk sementara ini.

Penyebabnya, karena jalur wisata pakis buncil menuju lautan pasir TNBTS, Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari ini tertutup material longsoran tanah dari tebing di sisi jalan.

Kapolsek Tosari AKP Bambang Tri mengatakan, kejadian ini terjadi Rabu sore sekira pukul 17.00 wib. Secara tiba - tiba, terjadi longsor dan materialan longsor ini menutup jalan.

Kondisi ini mengakibatkan terputusnya jalur pakis buncil - lautan pasir karena banyaknya material longsor yang menimbun ruas jalan sepanjang sekitar 20 meter. 

"Kemarin kami sudah koordinasi. Alat berat dari dinas bina marga propinsi pagi ini sudah berada di Tosari. Ini akan segera dilakukan pembersihan," kata Kapolsek, Kamis (13/2/2020) pagi. 

Bambang menjelaskan, banyaknya material longsoran dan besarnya bongkahan tanah paras tidak dimungkinkan untuk dievakuasi dengan tenaga manusia, hanya bisa menggunakan alat berat. 

"Semalam alat berat langsung diturunkan setelah kami koordinasi dengan bina marga propinsi mas. Allhamdulillah responnya sangat baik. Mudah - mudahan materialan longsor bisa segera dievakuasi dan jalan bisa segera dilalui," tambah dia. 

Untuk diketahui, jalur lokasi belum dapat dilalui kendaraan bermesin oleh wisatawan karena masih dalam tradisi adat wulan kepitu sampai tanggal 25 Februari 2020.

"Ini ada warga di sini, warga Tengger. Jadi kalau lagi Wulan Kepitu, wisatawan dilarang menggunakan kendaraan bermesin menuju kawasan bromo. Kebetulan pas longsor, jadi memang ini tidak mengganggu perjalanan," pungkas dia. (Galih lintartika)

Ikuti kami di
Editor: Wiwit Purwanto
Sumber: Surya
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved