Cara Kabupaten Nganjuk Promosikan Wisata, Gandeng Tukang Becak Ikut Informasikan Wisata Nganjuk

Cara Kabupaten Nganjuk Promosikan Wisata, Gandeng Tukang Becak Ikut Informasikan Wisata Nganjuk

Cara Kabupaten Nganjuk Promosikan Wisata, Gandeng Tukang Becak Ikut Informasikan Wisata Nganjuk
Suryatravel/Ahmad Amru muiz
Para tukang becak di Nganjuk ikut mempromosikan wisata setempat 

Suryatravel.com – Banyak cara untuk mempromosikan sebuah destinasi wisata.

Di Kabupaten Nganjuk misalnya Bupati Nganjuk menggandeng para tukang becak untuk mempromosikan berbagai obyek wisata di Kabupaten Nganjuk.

Sebelumnya Bupati Nganjuk sukses menggandeng para tukang becak ikut berpartisipasi di sektor pendidikan dengan menyediakan angkutan siswa-siswi ke sekolah.

Bupati Nganjuk, Novi Rahman Hidhayat menjelaskan, para tukang becak di Kabupaten Nganjuk yang jumlahnya mencapai sekitar 678 orang tersebut memiliki potensi cukup besar, untuk ikut mempromosikan obyek wisata yang ada di kabupaten Nganjuk.

Yakni dengan memberikan promosi kepada penumpang becaknya tentang obyek-obyek wisata yang bisa dikunjungi.

"Potensi dari tukang becak ini yang coba kami manfaatkan untuk mempromosikan wisata yang ada di Nganjuk kepada para penumpangnya. Dan ini kami rasa sebagai cara mudah dan murah untuk membantu promosi wisata daerah," kata Novi Rahman Hidhayat, kemarin.

Disamping itu, menurut Mas Novi, panggilan Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidhayat, para tukang becak juga bisa mempromosikan aneka masakan khas di Kabupaten Nganjuk.

Dimana dengan cara mengantar penumpang ke tempat makanan khas di Nganjuk maka tukang becak bisa memberikan peran positip membantu meningkatkan pengenalan kuliner khas nganjuk.

"Metode itu seperti yang dilakukan di Kota Yogyakarta. Para tukang becak dikoordinir untuk ikut mempromosikan wisata dan kuliner khas daerah Yogyakarta, dan itu cukup berhasil sehingga banyak wisatawan yang mengenal obyek wisata di Yogyakarta," ucap Mas Novi.

Oleh karena itu, ungkap Mas Novi, langkah menggandeng tukang becak di Kabupaten Nganjuk akan diupayakan semakin ditingkatkan melalui OPD terkait nantinya.

Dan para tukang becak nanti tidak hanya akan dilibatkan dalam program promosi wisata dan kuliner, tetapi para tukang becak bisa dikoordinir untuk mengikuti berberbagai program Pemkab Nganjuk lainya.

"Ini sekaligus upaya Pemkab Nganjuk dalam memberdayakan warganya sesuai keahlian dan profesi yang dimilikinya. Dan itu juga sebagai langkah Pemkab Nganjuk peduli terhadap tukang becak yang umumnya dari keluarga kurang mampu," tutur Mas Novi. (Achmad Amru Muiz)

Ikuti kami di
Editor: Wiwit Purwanto
Sumber: Surya
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved