Makam Peneleh Dipercantik, Rencana Delegasi Kerajaan Belanda berkunjung ke Makam Ini

Makam Peneleh Dipercantik, Rencana Delegasi Kerajaan Belanda berkunjung ke Makam Ini

Makam Peneleh Dipercantik, Rencana Delegasi Kerajaan Belanda berkunjung ke Makam Ini
Suryatravel/sugiharto
Makam Peneleh atau kuburan Belanda di Surabaya bakal dikunjungi delegasi Kerajaan Belanda 

Suryatravel.com – Makam leluhur Belanda di Peneleh atau dikenal dengan Makam Peneleh menarik perhatian para utusan Kerajaan Belanda.

Jika tidak halangan, utusan Kerajaan Belanda akan berkunjung ke Surabaya. Mereka dijadwalkan berada di Surabaya pada Kamis, 12 Maret 2020 besok.

Selain menjalin hubungan dengan Pemkot Surabaya, salah satu kegiatan delegasi Belanda itu adalah mengunjungi leluhur mereka.

Keturunan dan para pejabat Belanda yang dimakamkan di Makam Peneleh Surabaya.

Makam Belanda yang dibangun pemerintah kolonial Belanda pada 1814. Karena termasuk salah satu tujuan kunjungan delegasi Belanda itu, makam kuno dan unik itu dipercantik.

Selain peremajaan cat pada makam, lingkungan makam Belanda itu juga dibersihkan.

"Katanya mau ada kunjungan Kerajaan Belanda ke Peneleh. Jadi warga kami ikut berpartisipasi kerja bakti," kata Windriyanto, Ketua RW 03 Peneleh, Kecamatan Genteng, Surabaya, Selasa (10/3/2020).

Saat ini terdapat ribuan bangunan makam di komplek Makam Belanda Peneleh itu.

Kalau ada tamu resmi dari kedinasan Belanda, memang Makam Peneleh yang kerap dijadikan Jujugan. Maklum, leluhur Belanda banyak dimakamkan di sini.

Namun Pak RW mengaku kesal dengan perilaku warga yang tidak bisa menghargai keberadaan makam yang menjadi bangunan Herritage itu. Makam ini kerap dijadikan lokasi foto.

"Masih ada warga yang membuang sampah di Makam Peneleh. Sudah kami larang dan pasangi spanduk larangan," ujar Windriyanto.

Semula Raja Belanda dan Ratunya direncanakan akan berkunjung ke Surabaya.

Namun rencana itu batal. Informasinya keduanya akan di Jakarta. Sementara delegasi Kerajaan Belanda yang akan berkunjung ke Surabaya adalah menteri.

"Kami masih terus koodinasi. Kemungkinan pejabat menteri yang akan berkunjung ke Surabaya. Kami akan update terus hingga menjelang kedatangan pada Kamis besok," kata Kabag Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajarata. (Nuraini Faiq)

Ikuti kami di
Editor: Wiwit Purwanto
Sumber: Surya
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved