Seniman dan Juru Pemelihara Kunci Cagar Budaya Jawa Timut Terdampak Covid-19 Terima Santunan

Para seniman dan para juru pelihara cagar budaya di Jatim mendapatkan apresiasi dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/fatimatus zahroh
Seniman dan juru pemelihara cagar budaya terdampak Covid-19 dapat santunan dari pemprov jatim 

SURYATRAVEL.COM, SURABAYA - Dampal pandemi virus corona meluas,  termasuk budaya dan pariwisata. Para seniman dan para juru pelihara cagar budaya di Jatim mendapatkan apresiasi dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Mereka diberikan santunan dan apresiasi atas jasanya yang selama ini berdedikasi dan mengabdikan dirinya untuk pengembangan seni budaya daerah.

Sejatinya, pemberian santunan ini sudah menjadi agenda rutin dan dilaksanakan setiap tahun. Dan seperti biasanya santunan ini disalurkan setelah bulan puasa. 

Namun karena ekonomi masyarakat sedang sulit karena adanya pandemi covid-19 ini, pelaksanaan apresiasi kepada seniman berprestasi dan juru pelihara cagar budaya dilaksanakan sebelum bulan puasa. 

"Diharapkan apresiasi dalam bentuk uang tunai dan sembako yang diberikan kepada 750 orang seniman berprestasi dengan nilai Rp 1.000.000/orang dan 240 orang juru pelihara cagar budaya yang mendapat apresiasi uang tunai senilai Rp 1.050.000/orang dapat meringankan ekonomi mereka selama menghadapi pandemi Covid-19 ini," ucap Khofifah. 

Salah seorang seniman Ludruk, Lupus mengapresiasi bantuan yang diberikan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa. Menurutnya apresiasi ini adalah bentuk kecintaan dan perhatian pemerintah provinsi pada para seniman.

"Biasanya saya sebagai seniman menghibur pemerintah dan banyak orang. Sekarang giliran pemerintah yang menghibur kami sebagai seniman. Saya juga menginformasikan bahwa banyak job seniman yang dibatalkan akibat pandemi corona ini. Semoga corona ini segera berakhir, Aamiin," tutur Lupus. 

Sejumlah seniman penerima simbolis bantuan dari Gubernur Khofifah sore ini adalah, Lupus (Ludruk/Surabaya), Nonik (Ludruk/Surabaya), Kartolo (Ludruk/Surabaya), Sapari (Ludruk/Surabaya), Ndemo (Ludruk/Pasuruan), Tina (Ludruk/Mojokerto), Marsiam (Rupa/Madura), Budi Bi (Rupa/Surabaya), Aime ( Rupa/Surabaya), Anang Timur (Rupa/Surabaya), Aris Darmawan (Rupa/Surabaya), Aris Daboel (Rupa/Gresik), Nasar Bathati (Musik/Sidoarjo), Dedy Obenk (Teater/Gresik), Yoyok Fals (Musik/Pasuruan), Saryono (Tari/Surabaya). 

Dan nama-nama juru pelihara cagar budaya penerima simbolis bantuan dari Gubernur sore ini adalah R. Slamet Acep Makam Pangeran Tengah Arosbaya Kab. Bangkalan, Adi Purwanto Makam Sunan Giri Kab. Gresik, Hartono Makam Putri Cempa Kab. Mojokerto, Semin Candi Pari Kab. Sidoarjo, dan R. Moch Zainul Aziz Makam Sunan Drajat Kab. Lamongan. (fatimatuz zahroh)

Sumber: Surya
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved