Penutupan Tempat Wisata Dan Penginapan Di Batu Diperpanjang Hingga 30 April 2020

disepakati adanya perpanjangan penutupan tempat penginapan sampai tanggal 30 April mendatang

SURYATRAVEL.COM/BENNI INDO
Kawasan wisata di Kota Batu masih di tutup 

SURYATRAVEL.COM, MALANG – Pandemi Virus Corona membuat penutupan tempat wisata dan penginapan di Kota Batu diperpanjang hingga 30 April 2020.

Kebijakan itu keluar setelah pertemuan antara Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko dengan sejumlah organisasi pelaku wisata di Balaikota Among Tani.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Imam Suryono mengatakan hasil dari pertemuan tersebut disepakati adanya perpanjangan penutupan tempat penginapan sampai tanggal 30 April mendatang.

"Tetapi akan dievaluasi kembali jika situasi dan kondisi sudah bagus atau pandemi Covid-19 ini sudah mereda semoga tanggal 1 Mei bisa dibuka kembali," katanya.

Jikalaupun kemudian tempat penginapan dibuka kembali, harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Hal itu untuk menghindari potensi penyebaran virus.

Sebaliknya, jika kondisi belum memungkinkan, maka waktu penutupan juga bisa diperpanjang.

"Jika dibuka harus menerapkan protokol kesehatan ketat, jika ada tamu yang sakit maka pihak hotel segera laporkan ke Dinas Kesehatan untuk ditindaklanjuti," katanya.

Kota Batu yang menjadi tujuan wisata memang mengandalkan keberadaan penginapan. Pandemi Covid-19 telah membuat usaha wisata dan perhotelan ‘tiarap’. Pemkot Batu pun berupaya untuk menyelematkan kondisi yang serba sulit ini.

Target 8 juta pengunjung pada 2020 ini nampaknya juga sulit untuk direalisasikan.

Imam juga berbicara tentang tenaga kerja yang bekerja di hotel. Ia berharap, para karyawan tetap mendapatkan gaji meskipun statusnya kemudian dirumahkan.

"Soal pegawai memang bukan ranah saya, tetapi saya berharap karyawan dirumahkan itu mendapatkan penghasilan minimal 50 persennya," katanya.

Ketua Paguyuban Villa Songgoriti, Indra Tri Ariyono mengatakan pihaknya mendukung terhadap langkah Pemkot Batu yang melanjutkan penutupan tempat-tempat penginapan yang ada di Kota Batu.

Menurutnya dengan kebijakan penutupan hotel dan tempat wisata merupakan langkah terbaik untuk menghambat penyebaran virus korona.

Menurut, hampir ada 325 villa di Songgoriti yang sejak dikeluarkannya Surat Edaran Wali Kota, pada awal April ini sudah tidak menerima tamu lagi.

"100 % tidak ada pemasukan dari villa, tentu yang kasihan adalah mereka yang bekerja sebagai penjaga villa yang juga tidak ada penghasilan,” jelasnya. (Benni Indo)

Ikuti kami di
Editor: Wiwit Purwanto
Sumber: Surya
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved