Bongko Kopyor dan Bonggolan Jajanan Khas Gresik Selalu Hadir Saat Bulan Puasa, Cocok Buat Takjil

memasuki Bulan Puasa, janan khas Gresik ini anatar lain bongko kopyor, bonggolan dan aneka minuman tradisional,

suryatravel/sugiono
Jajanan khas Gresik Bongko Kopyor dan Bonggolan cocok untuk takjil 

SURYATRAVEL.COM, GRESIK - Jajanan satu ini selalu ada saat memasuki Bulan Puasa, janan khas Gresik ini anatar lain bongko kopyor, bonggolan dan aneka minuman tradisional, Minggu (26/4/2020). 

Jajanan ini mudah ditemui di beberapa jalan protokol di Kota Gresik. Seperti Jalan Sunan Giri dan Jalan Kalimantan, Kecamatan Manyar Gresik. 

Para penjaja makanan ringan ini cukup laris dalam beberapa hari saat Bulan ramadan ini datang. Di hari biasa hanya habis 15 bungkus bongko kopyor, tapi saat ini bisa habis 40 bungkus dalam waktu 4 jam. 

"Ya lumayan laris, selama bulan Suci Ramadan ini bisa jual 40 bungkus. Di hari-hari biasa jualan tidak sampai habiskan 15 bungkus, malah terkadang saya kembalikan lagi," kata Hanifah, salah seorang penjual

Harga jajanan khas Gresik dijual sangat terjangkau. Seperti bongko kopyor dijual hanya Rp 8.000/bungkus dan bonggolan dijual hanya Rp 7.000/batang. 

Bongko kopyor, terbuat dari roti, pisang, kelapa, mutiara, air gula, air kelapa muda dan santan, menjadikan jajanan khas Gresik rasanya menjadi manis. 

Bongko kopyor bahannya kaya dengan nutrisi alami. Ada santan, roti, parutan kepala muda, pisang, mutiara dan air gula. 

"Jadi cocok untuk pemulihan energi saat awal berbuka puasa. Kalau bonggolan, cocok untuk cemilannya," kata Shofia, warga Perumahan Gresik Kota Baru (GKB) saat membeli jajanan khas Gresik. (Sugiyono).

Ikuti kami di
Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved