Ginger Caramel Cake Berbahan Rempah Lembut dan Hangat Pas Untuk Takjil Buka Puasa

Dalam satu sajian ginger caramel cake, lanjut Inwan Tamim, terbuat dari sari jahe yang dipadukan dengan caramel.

suryatravel/istimewa
Ginger caramel cake berbahan rempah pas untuk hidangan berbuka puasa 

SURYATRAVEL.COM, SURABAYA – Mengawali berbuka dengan yang manis saat berbuka bisa menambah asupan gizi setelah seharian berpuasa.

Banyak varian makanan manis yang bisa menjadi alternatif menu pelengkap buka puasa, salah satunya cake yang dibuat oleh tim pastry Swiss-Belinn Manyar Surabaya.

Mereka menyajikan menu cake spesial berupa caramel cake yang dipadukan dengan jahe atau ginger.

Ginger caramel cake ala Swiss-Belinn Manyar ini dapat dipesan secara bebas untuk melengkapi menu buka puasa.

Ginger caramel cake ini merupakan inovasi terbaru dari pastry chef kami. Bahan terbuat dari rempah-rempah khas Indonesia, salah satunya jahe," kata Food & Beverage Manager Swiss-Belinn Manyar Surabaya, Inwan Tamim,

Inwan Tamim mengatakan, pemilihan jahe ini didasari karena kandungan manfaatnya yang banyak, terutama untuk menghangatkan badan.

"Selain itu jahe juga punya cita rasa yang unik. Dengan adanya tambahan jahe, kue ini tidak akan memberikan rasa jenuh meski dikonsumsi berkali-kali," katanya memaparkan.

Dalam satu sajian ginger caramel cake, lanjut Inwan Tamim, terbuat dari sari jahe yang dipadukan dengan caramel.

Untuk memberikan cita rasa berbeda, pihaknya juga menambahkan whipped cream dan sponge cake yang lembut.

Cara membuatnya Inwan Tamim menjelaskan pertama-tama bahan jahe diiris halus. Setelah itu bahan gula dipanaskan untuk diproses menjadi caramel.

"Jahe yang sudah diiris halus tadi dimasak bersamaan dengan caramel yang sudah jadi. Lalu ditambah cream untuk pengental. Setelah jadi, adonan didinginkan," katanya.

Tahap selanjutnya, kata Inwan, mengocok whipped cream sampai mengembang lalu campurkan menjadi satu. "Bahan utamanya adalah caramel dan jahe itu tadi," imbuhnya

Inwan mengatakan, ginger caramel cake ini dibuat karena terinspirasi dari menu makanan sehat yang berfungsi menjaga stamina tubuh.

"Jahe ini manfaatnya jan sangat banyak, bisa membantu menjaga imun tubuh juga. Nah kami ingin membuat makanan sehat tapi tetap enak," ujarnya.

Nenurutnya, cake bercita rasa jahe dan caramel ini cocok untuk semua kalangan dan semua usia. Karena rasanya yang unik, manis dan creamy.

Ia mengklaim ginger caramel cake tersebut rasanya jahenya tidak terlalu pedas namun segar di tenggorokan.

Ginger caramel cake ini nikmat disajikan dalam keadaan dingin dan direkomendasikan disantap bersamaan dengan teh atau kopi sembari bersantai bersama keluarga.

"Bisa juga disajikan dalam acara tertentu atau sebagai kudapan rehat. Ginger caramel cake ini tersedia dalam tiga varian rasa, yakni original, cheese dan almond," pungkasnya.

Ikuti kami di
Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved