Ibadah Haji Ditunda CJH Harus Lebih Sabar Antrian Keberangkatan Bisa Sampai 28 Tahun

pendaftar calon jemaah haji (CJH) di Jatim sudah mendekati angka 1 juta pengantre atau tepatnya 950.151 orang. antrian bisa 28 tahun

Suryatravel/istimewa
Haji tahun ini ditiadakan sebelumnya calon jemaah umroh juga dibatalkan menyusul larangan sementara berkunjung ke Arab Saudi 

SURYATRAVEL,COM, SURABAYA – Calon Jemaah Haji (CJH) Indonesia harus lebih bersabar, imbas ditiadakannya ibadah haji tahun ini karena pandemi Covid-19 menjadikan antrian CJH lebih lama.

Hingga saat ini total pengantre pendaftar calon jemaah haji (CJH) di Jatim sudah mendekati angka 1 juta pengantre atau tepatnya 950.151 orang. Artinya masa antre haji di Jatim saat ini mencapai 28 tahun.

Jika warga Jatim mau mendaftar CJH tahun 2020 ini, mereka baru bisa berangkat 28 tahun kemudiaan atau 2048 baru bisa berangkat. Begitu lamanya masa antrean memenuhi rukun Islam kelima ini.

"Saya bisa merasakan dampak penundaan keberangkatan haji tahun ini. Tapi memang situasinya di luar kemampuan kita semua. Semoga pandemi covid-19 segera berakhir," kata Kepala Kemenag Jatim Ahmad Zayadi,

Kemenag Jatim mencatat bahwa hingga 2 Juni 2020, jumlah pendaftar haji di Jawa Timur sebanyak 950.151 orang. Masa tunggu keberangkatan selama 28 tahun.

"Masa tunggu haji di Jawa Timur saat ini 28 tahun. Haftar haji hari ini 2048. Itu dalam kondisi normal, jika tahun ini tidak ada haji, maka waiting list bisa nambah 1 tahun,” kata Zayadi. 

Sementara itu, situasi pandemi di Surabaya saat ini juga masih belum ada tanda-tanda berkurang. Jumlah warga yang poisitif covid-19 juga tinggi. Akibatnya fasilitas Asrama Haji Sukolilo saat ini dijadikan tempat isolasi warga yang terpapar corona.

Wajar jika saat ini pelaksanaan ibadah haji 2020 ditiadakan. Semua kamar di Asrama Haji Sukolilo Surabaya beralih fungsi menjadi tempat penanganan covid-19. (Nuraini Faiq)

Ikuti kami di
Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
Sumber: Surya
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved