Terminal Purabaya Masih Tutup Siap Buka Dengan Protokol Kesehatan Termasuk SIKM Penumpang AKAP

penutupan Terminal Purabaya Masih Ditutup Siap Buka Dengan Protokol Kesehatan Termasuk SIKM Bagi Penumpang AKAP

suryatravel/ahmad zaimul haq
Terminal Purabaya dikosongkan menyusul pelaksanaan PSBB jilid 3 

SURYATRAVEL.COM, SURABAYA – PSBB di wilayah Surabaya Raya (Surabaya, Gresik,  Sidoarjo) membuat Terminal bus antar kota Purabaya juga masih mengikuti aturan alias masih tutup operasionalnya.

Kepala Terminal Purabaya Imam Hidayat menjelaskan  penutupan itu sesuai  Permenhub No PM 25 Tahun 2020. Dalam surat peraturan itu, Kemenhub menutup aktifitas transportasi mudik dan arus balik Idul Fitri 1441 sampai 7 Juni 2020. 

"Itu keputusan menteri awalnya sampai tanggal 31 Mei, terus diperpanjang lagi sampai tanggal 7. Kalau masih diperpanjang ya kami mengikuti. Kalau tidak berarti mulai operasi tanggal 8 besok," Jelas Imam Kamis (4/6/2020).

Menyongsong new normal, pihaknya juga sudah menyiapkan protokol kesehatan yang nantinya juga diberlakukan di dalam lingkungan terminal.

"Yang pasti kami lihat besok diperpanjang atau tidak, kalau tidak kami terapkan protokol kesehatan sesuai pemerintah,” tukasnya.

Selain itu, saat baik kru bus dan penumpang wajib mengenakan masker saat berada di area terminal maupun dalam perjalanan. Serta harus menerapkan aturan jaga jarak (physical distancing), dan setiap armada hanya boleh mengangkut penumpang sebanyak 50 persen sebagaimana yang diberlakukan.

Tidak cukup itu, bagi penumpang juga yang bertujuan Bali atau Jakarta harus bisa menunjukkan surat keluar masuk yang disertai surat keterangan bebas Covid-19. 

Sementara bagi karyawan atau Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sedang melakukan perjalanan dinas harus bisa menunjukkan surat tugas dari instansi.

"Penumpang tujuan luar propinsi misal ke Jakarta atau Bali harus ada ijin surat keluar masuk. Kalau dari instansi harus melampirkan surat ijin dari perusahaannya," tambahnya.

Secara garis besar kata Imam aturannya seperti itu, namun untuk detilnya jajarannya masih menunggu juklak dari Pemkot Surabaya jika memang Terminal Purabaya buka kembali.

Ikuti kami di
Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved