Ada 8 Hotel Di Kota Wisata Batu Ajukan Kesiapan Buka Dengan Protokol Kesehatan

Ada delapan hotel yang telah mengajukan formulir kesiapan ke Disparta Kota Batu. Beberapa di antaranya, formulir kesiapan dinyatakan belum lengkap

SURYATRAVEL.COM/BENNI INDO
Kawasan wisata Kota Batu siap sambut normal baru 

SURYATRAVEL.COM, BATU – Pariwisata Kota Batu saatnya bangkit kembali. Di normal baru ini  menjadi peluang bagi perhotelan untuk kembali membuka pintu bagi wisatawan.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Batu Imam Suryono, mengatakan di normal baru ini protokol kesehatan wajib dilakukan termasuk di perhotelan.

Ada delapan hotel yang telah mengajukan formulir kesiapan ke Disparta Kota Batu. Beberapa di antaranya, formulir kesiapan dinyatakan belum lengkap secara administarsi sehingga dikembalikan ke manajemen agar dilengkapi.

Formulir yang dinyatakan belum lengkap administrasi tersebut lantaran tidak mencantumkan protokoler kesehatan, susunan tim gugus tugas hingga fasilitas kesehatan.

Imam mengatakan setiap hotel harus memiliki tim gugus tugas. Susunan tim gugus tugas di internal hotel memiliki fungsi preventif dan melaporkan kepada tim kesehatan jika ada pengunjung yang menunjukkan gejala Covid-19.

"Di salah satu hotel, bolpoin di meja resepsionis yang habis dipakai pengunjung langsung disterilkan. Tusuk gigi disiapkan juga untuk menekan tombol lift," kata Imam mencotohkan.

Protokoler kesehatan menjadi syarat mutlak yang harus dipenuhi. Bagi pengelola pariwisata dan perhotelan yang akan memulai usahanya harus menjalankan persyaratan yang dinyatakan dalam formulir kesiapan.

Menurutnya, ada beberapa hotel yang telah memenuhi persyaratan protokoler kesehatan. Persyaratan itu meliputi fasilitas kesehatan lengkap, ruang isolasi, APD bagi karyawan hotel serta susunan tim gugus tugas di internal manajemen. (Benni Indo)

Ikuti kami di
Editor: Wiwit Purwanto
Sumber: Surya
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved