Dua Bulan Vakum Kantor Imigrasi Khusus TPI Surabaya Siap Layani Warga Kembali

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) mulai menyiapkan diri membuka layanan kembali

suryatravel/istimewa
Persiapan layanan keimigrasian di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya, Kamis (11/6/2020). 

SURYATRAVEL.COM, SURABAYA- Hampir dua bulan vakum Kantor Imigrasi  Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) mulai menyiapkan diri membuka layanan kembali. Kantor Imigrasi (Kanim) ini resmi buka mulai Senin (15/6/2020).

"Antrean online sudah bisa kami layani mulai Jumat (12/6/2020) besok. Ini masa transisi menuju kenormalan baru sehingga protokoler kesehatan tetap ketat dijalankan," kata Kepala Kanim Kelas I Khusus TPI Surabaya Surabaya Is Edy Ekoputranto, Kamis (11/6/2020).

Pengunjung atau pemohon wajib mengenakan masker, dicek suhu tubuh sebelum masuk Kanim, cuci tangan pakai sabun, dan wajib  menjaga jarak. Tak boleh ada kerumunan.

Edy mengaku siap memulai kembali pelayanan Keimigrasian yang terbaik untuk masyarakat Surabaya dan sekitarnya. Untuk itu beberapa penyesuaian telah dilakukan oleh jajaran Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya.

Penyesuaian tersebut dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan dalam pencegahan penyebaran virus Covid-19. "Kami mendesain khusus tata letak dan tata ruang pelayanan. Tempat duduk berjarak. Ini demi kenyamanan bersama," kata Edy.

Untuk hal-hal teknis pelayanan keimigrasian, menurutnya antrean online sudah bisa dilakukan melalui aplikasi mulai hari Jumat besok. Layanan di Kanim dua hari setelahnya atau pada Senin.

Is Edy memminta Sahabat Mido (sebutan pemohon Imigrasi Indonesia atau Mido) di kota Surabaya dan sekitarnya memanfaatkan layanan sebaik-baiknya. Akan ada pembatasan jumlah pemohon karena masih transisi. 

Jika sebelumnya pada hari normal bisa melayani 200-an sahabat Mido, Senin besok dibatasi separuhnya. "Kami akan membuka jam layanan normal. Mulai pukul 07.30 sampai 16.00," tukasnya. 

Berikut yang perlu diperhatikan dalam layanan perdana saat pandemi covid-19. Antrean Paspor "Online" akan dibuka mulai Jumat,  12 Juni 2020 siang. Kuota antrian online ini akan dibuka setiap hari Jumat untuk layanan 1 minggu berikutnya. 

Kemudian, semua pemohon layanan keimigrasian wajib memakai masker, dilakukan pemeriksaan suhu tubuh, melewati bilik sterilisasi, dan mencuci tangan dengan sabun saat akan masuk kantor. 

Lalu, mematuhi penerapan physical distancing selama berada di Kantor Imigrasi. Sementara untuk pelayanan Warga Negara Asing (WNA) tetap diberlakukan pelayanan secara walk-In dengan memperhatikan jumlah pemohon tiap harinya.

Edy berharap selama masa kenormalan baru mendatang, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya dapat tetap melaksanakan kegiatan pelayanan keimigrasian dengan maksimal. Sekaligus mengajak kepada seluruh pengguna jasa keimigrasian untuk melaksanaan protokol kesehatan di masa kenormalan baru guna memutus rantai penyebaran Covid-19. (nuraini faiq)

Ikuti kami di
Editor: Wiwit Purwanto
Sumber: Surya
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved