Pasar Genteng Baru Dan Tambahrejo Disiapkan Sebagai Pilot Project Pasar Tangguh Lawan Covid-19

dua pasar yang bakal menjadi Pasar Tangguh di Surabaya, yakni Pasar Genteng Baru dan Pasar Tambahrejo

suryatravel/istimewa
Pasar Genteng Baru Surabaya salah satu kawasan yang dijadikan sebagai pilot project Pasar Tangguh 

SURYATRAVEL.COM, SURABAYA-  Menjalani masa masa transisi new normal, PD Pasar Surya menyusun aturan Pasar Tangguh yang akan segera diterapkan di Surabaya.

Terkait hal itu, rencananya bakal ada dua pasar yang digagas menjadi pilot project Pasar Tangguh di Surabaya.

"Setidaknya, ada dua pasar yang bakal menjadi Pasar Tangguh di Surabaya, yakni Pasar Genteng Baru dan Pasar Tambahrejo," jelas Kepala Bagian Perekonomian dan Usaha Daerah Pemkot Surabaya, Agus Hebi Djuniantoro.

Menurutnya Pasar Tangguh memiliki konsep serupa dengan Kampung Tangguh. Yakni mendukung gagasan Kampung Tangguh untuk menurunkan penyebaran COVID-19 di Surabaya.

Dalam hal koordinasi, Pasar Tangguh juga memiliki struktur di dalamnya. Tim satgas anti Covid-19 akan dibentuk di area pasar.

Satgas ini adalah kolaborasi antara pengelola pasar dengan pedagang. Mereka memiliki tanggung jawab yang sama pula dengan Kampung Tangguh Wani Jogo Suroboyo, yaitu sebagai Satgas Wani Sehat, Satgas Wani Sejahtera, Satgas Wani Jogo, dan Satgas Wani Ngandani.

"Kami libatkan pedagang karena mari bersama-sama menjaga pasar. Untuk menjadi pasar tangguh bukan hanya tugas pemerintah atau PD Pasar Surya, tetapi tugas bersama, termasuk pedagang," terang Hebi.

Ke depan setiap pasar akan menjadi pasar tangguh. Agar semangat menjaga pasar terus bergejolak, pihaknya akan melibatkan pedagang dan karyawan menjadi tim satgas.

"Jadi ada dari pedagang di pasar, juga karyawan di pasar tersebut. Jadi ketangguhan pasar tersebut tergantung dari keaktifan dari kepengurusan untuk menjaga pasar untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19," pungkasnya.

Ikuti kami di
Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved