Calon Penumpang KA Jarak Menengah dan Jauh Dimasa Transisi Wajib Kantongi Persyaratan Ini

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto mengatakan tetap ada persyaratan khusus yang wajib dipenuhi oleh calon penumpang sebelum memesan tiket

suryatravel/istimewa
PT KAI Daop 8 Surabaya menerapkan persyaratan khusus bagi calon penumpang jarak menengah dan jauh 

SURYATRAVEL.COM, SURABAYA – Calon penumpang Kereta Api (KA)terutama untuk jurusan jarak menengah dan jauh ada baiknya memperhatikan sejumlah hal terkait protocol kesehtan.

KAI sendiri sudah mulai mengoperasikan perjalan KA pada  tanggal 12 juni 2020, demikian juga PT KAI Daop 8 Surabaya kembali mengoperasikan Kereta Api (KA) Regular Jarak Jauh dan Menengah di wilayahnya dan berlaku hingga akhir bulan Juni ini.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto mengatakan tetap ada persyaratan khusus yang wajib dipenuhi oleh calon penumpang sebelum memesan tiket KA tersebut.

"Mengacu Surat Edaran Gugus Tugas Covid-19 No 7 Tahun 2020, ada persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu oleh calon penumpang, jika memang akan naik KA Regular Jarak Jauh ataupun Menengah," katanya.Minggu (14/6/2020).

Adapun ketentuan persyaratan yang harus wajib dilengkapi serta dipenuhi calon penumpang kereta jarak jauh dan menengah yang hendak  pesan tiket KA sebagai berikut.

1. Menunjukkan surat keterangan uji tes PCR dengan hasil negatif yang berlaku 7 hari atau surat keterangan uji Rapid-Test dengan hasil non reaktif yang berlaku 3 hari pada saat keberangkatan.

2. Menunjukkan surat keterangan bebas gejala seperti influenza (influenza-like illness) yang dikeluarkan oleh dokter rumah sakit/puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas test PCR dan/atau Rapid Test.

3. Mengunduh dan mengaktifkan aplikasi Peduli Lindungi pada perangkat seluler.

4. Secara umum, setiap penumpang KA Jarak Jauh/Menengah maupun Lokal juga diharuskan dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam), suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius, wajib menggunakan masker, dan menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket.

“Jika saat proses boarding penumpang kedapatan tidak memenuhi ketentuan tersebut, maka tidak diperkenankan melakukan perjalanan dan untuk yang sudah terlanjur memesan tiket maka akan kami batalkan tiketnya serta tentunya dengan pengembalian bea penuh,” tambah Suprapto.

Sekadar informasi dalam pengoperasian kembali KA Regular Jarak Menengah/Jauh pada tahap pertama, Daop 8 hanya mengoperasikan 8 KA saja, yakni antara lain ,

1. KA Sancaka (KA 179/ KA 182) relasi Surabaya Gubeng – Yogyakarta /pp.

2. KA Maharani (KA 265 / KA 266) relasi Surabaya Pasar Turi – Semarang Poncol/ pp.

3. KA Tawang Alun (KA 334-335 / KA 336 – 333) relasi Ketapang/Banyuwangi – Bangil – Malang Kota Lama/pp.

4. KA Probowangi (KA 337/ KA 338) relasi Surabaya Gubeng – Ketapang/Banyuwangi / pp.

5. KA Ranggajati (KA 120 – 121) relasi Cirebon - Surabaya Gubeng – Jember.

6. KA Ranggajati (KA 122 – 119) relasi Jember - Surabaya Gubeng – Cirebon.

7. KA Sri Tanjung (KA 302 – 303) relasi Lempuyangan/Solo - Surabaya Gubeng – Ketapang/ Banyuwangi.

8. KA Sri Tanjung (KA 304 – 301) relasi Ketapang/Banyuwangi - Surabaya Gubeng – Lempuyangan/Solo.

Ikuti kami di
Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved