KBS Persiapan Buka Batasi Jumlah Pengunjung dan Sediakan Tim Pemandu Rute

jumlah pengunjung dibatasi hanya 1500 pengunjung saja dengan pola pelayanan tertentu. Setiap dua jam sekali, KBS bakal jeda selama satu jam

KBS Persiapan Buka Batasi Jumlah Pengunjung dan Sediakan Tim Pemandu Rute
suryatravel/sugiharto
Kebun Binatang Surabaya menyiapkan protokol kesehatan untuk bersiap buka kembali awal Bulan Juli 

SURYATRAVEL.COM, SURABAYA- Kebun Binatang Surabaya (KBS) melakukan persiapan dan simulasi sebelum resmi buka kembali ditengah pandemi Covid-19.  Rencananya, paling lambat wisata edukasi satwa ini bakal kembali beroperasi pada awal Juli mendatang. 

Dirut Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS Chairul Anwar mengungkapkan, bakal ada berbagai penyesuaian lantaran situasi pandemi di Surabaya belum usai. 

Sambil terus berkomunikasi dengan Pemkot, pihaknya mempersiapkan berbagai skema dan infrastruktur agar ketika nanti buka protokol kesehatan dapat dijalankan dengan baik.

"Persiapan infrastruktur maupun sistem pelayanan kita sudah setting sedemikian rupa," katanya, Kamis (18/6/2020). 

Pada saat buka nanti pihaknya akan melakukan proses screening lebih ketat. Setiap pengunjung yang akan masuk harus melewati pemeriksaan untuk memastikan mereka dalam keadaan sehat dan normal. 

Diantaranya, dengan pengecekan suhu tubuh, bila ditemukan pengunjung dengan suhu tubuh tinggi, bakal dilarang masuk dan diarahkan menuju ruang khusus. Pihak KBS juga sudah menyiapkan tim kesehatan guna mengecek kesehatan para pengunjung. 

"Kita sudah punya tim penanganan untuk kesehatan," lanjutnya.

Terkait dengan antrean juga menjadi perhatian, KBS sudah menyiapkan pola agar tak terjadi kerumunan apalagi hingga berjubel.  

Potensi kerumunan saat antre sudah diantisipasi. Sehingga, jalurnya sudah disiapkan lengkap dengan tanda agar pengunjung tetap berjarak atau physical distancing. 

"Kita tidak menyediakan parkir di halaman parkir KBS. Jadi mohon maaf nanti masyarakat harus juga bisa memahami ini untuk mencegah adanya kerumunan," tambahnya.

Selain itu, customer service di KBS juga sudah dilakukan pelatihan. Selain nantinya bakal memakai APD saat bertugas di loket, transaksinya pun bakal sedikit berbeda yakni menggunakan media nampan. Hal itu dilakukan agar tak terjadi kontak fisik secara langsung. 

"Begitu masuk mereka akan diantar tim pemandu rutenya nanti juga akan diantarkan, selain juga ada pembatsan jumlah pengunjung setiap harinya," tukasnya.

Nantinya jumlah pengunjung dibatasi  hanya 1500 pengunjung saja dengan pola pelayanan tertentu. Setiap dua jam sekali, KBS bakal jeda selama satu jam dan melakukan evaluasi. Pola itu bakal dilakukan sebagai bentuk penyesuaian.

"Ditahap awal buka antara jam 8 sampai dengan jam 10, nanti setelah itu kita jeda. Satu jam kita lakukan evaluasi. Nanti jam 12 kita buka lagi untuk dua jam berikutnya," pungkasnya.

Ikuti kami di
Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved