Jembatan Gantung Joyoboyo Wahana Baru Rekreasi Di Surabaya Akhir Tahun Ini Selesai

jembatan joyoboyo fungsinya tidak hanya jembatan semata, namun juga akan menjadi wahana baru untuk warga Kota Surabaya yang ingin berekreasi

Jembatan Gantung Joyoboyo Wahana Baru Rekreasi Di Surabaya Akhir Tahun Ini Selesai
Suryatravel/istimewa
Maket Jembatan Joyoboyo 

SURYATRAVEL.COM, SURABAYA – Warga Surabaya patut bangga, Jembatan Joyoboyo yang akan menjadi ikon baru Surabaya ditarget tuntas Desember 2020. Jembatang gantung itu bahkan saat itu juga jembatan sudah bisa di operasikan.

Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya Erna Purnawati menuturkan bahwa proyek senilai Rp 39 miliar itu tetap dikerjakan di tengah pandemi dengan protokoler kesehatan ketat. 

"Sudah 35 persen total pengerjaan fisik jembatan. Agustus sudah sampai pada pekerjaan sisi atas jembatan. Seperti pemasangan voided slab pada lantai jembatan," kata Erna Purnawati Kadis PU Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya, Rabu (24/6/2020).

Jembatan gantung itu berada di sisi Utara  jembatan layang Wonokromo dan berbatasan langsung Di sisi Utara dengan Terminal Intermoda Joyoboyo.

Kondisi pembangunan Jembatan Joyoboyo terkini Rabu (24/06/2020)
Kondisi pembangunan Jembatan Joyoboyo terkini Rabu (24/06/2020) (suryatravel/sugiharto)

Meski dalam kondisi pandemi covid-19, proses pengerjaan proyek di ujung jabatan Wali Kota Tri Rismaharini ini tetap dituntaskan. Proyek infrastruktur kota ini dimulai 15 Oktober 2019. 

Saat ini, akses jalan menuju lokasi proyek juga sudah dilebarkan dan ditinggikan. Tampak pembangunan Infrastuktur jembatan unik itu sudah mulai terlihat sebagai bakal jembatan. 

"Sementara Spun pile atau tiang pancang betonnya sudah terpasang semuanya. Jadi, pembangunan fisiknya sudah sekitar 35 persen,” tandas Erna.

Ketua Komisi C DPRD Surabaya Baktiono mendukung agar proyek yang sudah kontrak sebelum pandemi tetap dilanjutkan. "Harus patuhi protokoler kesehatan dan bekerja normal agar sesuai kontrak. Jangan Sampai molor karena pakai APBD. Jangan ada penambahan anggaran hanya karena proyek molor," kata Baktiono. 

Jembatan Joyoboyo akan memiliki panjang 150 meter dengan lebar 17 meter. Sementara tinggi pilonnya 20 meter. Untuk struktur jembatannya dari beton bertulang dan voided slab.

Jembatan didesain khusus. Akan ada fasilitas tambahan di area jembatan tersebut. Nantinya akan ada taman dan air mancur yang warna-warni. 

Nanti juga akan ada menara pandang di tengah-tengah jembatan ikonik itu. Warga Surabaya akan bisa melihat dan menikmati suasana Surabaya. 

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan jembatan ini didesain khusus karena nanti fungsinya tidak hanya jembatan semata, namun juga akan menjadi wahana baru untuk warga Kota Surabaya yang ingin berekreasi.  

"Jadi, ini bukan hanya sekadar jembatan, tapi juga bisa menjadi salah satu ikon Surabaya untuk berekreasi,” kata Risma.

Ikuti kami di
Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved