Wisata Bromo Buka Kembali Secara Bertahap Dengan Pembatasan Jumlah Pengunjung

pembukaan kembali Gunung Bromo untuk kegiatan wisata akan dilakukan bertahap. Tahap pertama, hanya 739 wisatawan yang diizinkan masuk setiap hari

Suryatravel/Fatimatus zahroh
Wisata Bromo secara bertahap dibuka usai ditutup karena wabah pandemi Covid-19 

SURYATRAVEL.COM, SURABAYA – Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) bersiap untuk buka kembali.

Kepala Balai Besar TNBTS John Kennedie mengatakan pembukaan kembali Gunung Bromo untuk kegiatan wisata akan dilakukan bertahap. Tahap pertama, hanya 739 wisatawan yang diizinkan masuk setiap hari.

“Kami buka secara bertahap berdasar kapasitas. Dibuka 10-20 persen dulu, kalau baik akan dinaikkan. Tapi jika dbuka ada kejadian maka ditutup lagi,” ucap John, Rabu (1/7/2020).

Dia menjelaskan kegiatan wisata juga dibatasi hanya sampai penanjakan. Area tangga menuju kawah Gunung Bromo masih ditutup sebab sedang dalam masa perbaikan.

“Naik tangga bromo tidak boleh karena tangga kami masih rusak. Kami sedang perbaiki,” ucapnya.

Rapat bersama empat kepala daerah yakni Kabupaten Malang, Lumajang, Probolinggo dan Pasuruan, kata John, menyatakan pintu masuk yang dibuka hanya di zona kuning. Keputusan itu, lanjut dia, bisa berubah sesuai rekomendasi dari Gugus Tugas penanganan Covid-19 di masing-masing wilayah.

“Kalau ada zona oranye mau buka juga kami tunggu rekomendasi Bupati sebagai Ketua Gugus Tugas Covid-19,” jelasnya.

Sebagai catatan, terdapat tiga pintu masuk ke gunung setinggi 2.329 mdpl itu. Pintu masuk berada Coban Trisula di Kabupaten Malang, Pintu Masuk Tengger Laut Pasir Cemorolawang di Kabupaten Probolinggo dan Pintu Masuk Penanjakan Wonokitri di Kabupaten Pasuruan.

Berdasarakan situs Radar Covid milik Pemprov Surabaya, hanya Kabupaten Lumajang yang berzona kuning. Sementara Kabupaten Malang dan Probolinggo berwarna oranye serta Pasuruan berwarna Merah.

“Tapi ini (peta Covid-19) fluktuatif terus, berubah-ubah. Kemarin Probolinggo kuning sekarang oranye, Lumajang kemarin oranye sekarang sudah kuning,” tutupnya.

Ikuti kami di
Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved