Wisata Keliling Kota Pecel Madiun, Kini Disediakan Mabour Madiun Bus On Tour Gratis

Madiun Bus On Tour Bus ini akan mengantar para wisatawan untuk menyusuri berbagai destinasi wisata di Kota Madiun

suryatravel/istimewa
bus wisata atau Madiun Bus On Tour (Mabour). Bus ini akan melayani wisatawan yang ingin berkeliling Kota Madiun 

SURYATRAVEL.COM, MADIUN - Jalan jalan dan berkeliling wisata kota di Madiun kini tak perlu bingung lagi. Pemerintah Kota Madiun akan meluncurkan bus wisata atau Madiun Bus On Tour (Mabour). Bus ini akan melayani wisatawan yang ingin berkeliling Kota Madiun.

Bus Mabour dicat warna hitam dan merah, dengan motif bunga warna-warni. Selain itu juga terdapat tulisan Peceland yang merupakan trand mark Kota Madiun.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Madiun, Ansor Rasidi, mengatakan ada tiga unit bus wisata Mabour. Dua jenis medium bus dan satu bus jenis microbus.

Bus ini akan mengantar para wisatawan untuk menyusuri berbagai destinasi wisata di Kota Madiun. Seperti Masjid Kuno Kuncen, Masjid Taman, Tugu Pendekar Proliman, Busbow, Dumilah Park, hingga kawasan Jl. Pahlawan.

“Medium bus dan microbus ini memiliki rute yang berbeda. Tetapi saling berhubungan. Microbus mengantar wisatawan ke lokasi yang sulit dilalui medium bus, semisal di Masjid Kuncen dan Masjid Taman.

Sedangkan medium bus mengantarkan wisatawan ke destinasi yang mudah dijangkau seperti di Proliman, Busbow, dan Jalan Pahlawan,” kata Ansor, Selasa (7/7/2020).

Untuk jarak tempuh medium bus yaitu 21 km dan waktu tempuh 90 menit. Sedangkan microbus dengan jarak tempuh 18,2 km dengan waktu tempuh 80 menit.

Ansor menuturkan, rencananya bus wisata ini akan diresmikan wali kota pada 14 Juli 2020,  mendatang. Bus gratis ini akan beroperasi pada akhir pekan, yaitu Sabtu dan Minggu.

“Start awal bus ini dimulai di Terminal Purbaya pada pukul 09.00 WIB. Nanti bus ini akan berkeliling sesuai rute yang telah ditentukan,” ujar dia.

Selama pandemi Corona, jumlah penumpang bus bakal dibatasi. Medium bus yang berkapasitas 31 penumpang akan diisi maksimal 15 penumpang. Sedangkan microbus yang berkapasitas 18 orang, hanya diisi delapan hingga sembilan penumpang saja.

"Ini dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan selama masa pandemi, untuk mencegah penyebaran Covid-19," katanya..

Lebih lanjut, orptasional bus wisata ini untuk sementara dilakukan secara terbatas. Pihaknya akan melakukan evaluasi, dengan melihat animo masyarakat yang memanfaatkan bus wisata ini. (rbp)

us wisata atau Madiun Bus On Tour (Mabour) yang akan diluncurkan Walikota Madiun.

Ikuti kami di
Editor: Wiwit Purwanto
Sumber: Surya
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved