Aplikasi 'Samsat Rame' Inovasi Satlantas Polres Gresik Menghindari Kerumunan Orang

Aplikasi 'Samsat Rame' masyarakat tidak perlu lagi mengurus ke kantor Samsat pPemohon tinggal mengunggah foto dan dokumen yang perlu saja

suryatravel/willy abraham
Aplikasi 'Samsat Rame " inovasi Satlantas Polres Gresik menghindari kerumunan di Kantor Samsat 

SURYATRAVEL.COM, GRESIK - Demi menerapkan physical distancing dan menghindari kerumunan orang, Satlantas Polres Gresik meluncurkan aplikasi 'Samsat Rame' atau Samsat Ramah Merakyat.

Lewat aplikasi ini warga hanya perlu mendownload aplikasi 'Samsat Rame' di playstore atau Appstore. Setelah itu login dan melakukan pengecekan kendaraan di aplikasi itu.

Masyarakat tidak perlu lagi mengurus pelayanan langsung ke kantor Samsat. Pemohon tinggal mengunggah foto dan dokumen yang diperlukan.

Sehingga masyarakat saat hendak membayar pajak tahunan, cek fisik kendaraan maupun mengecek jumlah pembayaran pajak sudah tahu terlebih dahulu.

"Nanti petugas datang ke rumah-rumah, tidak perlu datang ke Samsat ramai-ramai," ucap Kasatlantas Polres Gresik, AKP Erika Purwana Putra, Selasa (14/7/2020).

Aplikasi ini juga dilengkapi beberapa fitur seperti video tutorial dan layanan lokasi jadwal samsat keliling.

Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto menambahkan, bahwa jajarannya harus terus berinovasi melayani masyarakat.

"Inovasi ini adalah salah satu cara menjawab perkembangan zaman. Kalau pakai cara konvensional kita tidak bisa bergerak lagi. Sebab, aktivitas masyarakat juga tidak kalah penting," ujarnya.

Aplikasi Samsat Rame ini juga untuk menghindari penumpukan atau kerumunan massa di samsat ditengah pandemi Covid-19. Masyarakat tetap mendapat pelayanan dengan petugas yang datang ke rumah warga.

Sementara ini baru dua kendaraan sepeda motor yang dioperasikan. Nantinya, akan terus dikembangkan disetiap masing-masing kecamatan. (willi abraham)

Ikuti kami di
Editor: Wiwit Purwanto
Sumber: Surya
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved