Kalung Berbahan Logam Buatan Malang Tembus Hingga Hongkong

Kalung berbahan logam buatan Nadia Amalia asal Malang bertahan di tengah pandemi bahkan tembus hingga hongkong

suryatravel/aminatus sofya
Kalung berbahan dasar logam buatan Malang 

SURYATRAVEL.COM, MALANG – Cinderamata buatan Nadia Amalia berupa kalung berbahan dasar logam sukses menembus  ekspor ke Hongkong.

Nadia memulai usaha kalung nama di tahun 2015. Alasannya, saat itu kalung sedang tren di pasaran. Bisnis barunya ini dinamai Logam Custom Studio.

“Meskipun sudah hampir lima tahun, tapi sambutannya masih baik,” kata Nadia, Sabtu (18/7/2020).

Proses pembuatan kalung nama, gampang-gampang susah. Pertama, dia harus membuat desain kalung menggunakan komputer. Kemudian, dicetak diselembar kertas dan dimal di logam stainless. Setelah itu, baru lah logam diukir dan dipoles menggunakan cat silver atau gold.

Karena masih kelas rumahan, Nadia terkadang kesulitan apabila konsumennya memesan pola kalung yang rumit seperti buatan pabrik, “Akhirnya kami bilang kalau bikin seperti pabrik kami nggak bisa,” tuturnya.

Dalam sehari, Nadia bisa memproduksi hingga 20 kalung. Konsumennya datang dari berbagai kota, tak hanya Malang. Bahkan Nadia, ekspor ke Hongkong.

“Kalau ekspor itu karena ada permintaan dari TKI yang kerja di sana. Di sana kan ada perkumpulannya,” terang dia.

Harga kalung Nadia juga tak terlalu mahal. Satu kalung dijual mulai Rp 100 ribu sampai Rp 300 ribu. Konsumen juga bisa memesan kalung dengan desain yang diinginkan.

Nadia mencoba bertahan dari lesunya pasar akibat pandemi Covid-19. Pesanannya menukik turun hampir 90 persen. Pelangganya juga menyetop pesanan sementara sampai situasi kembali normal.

“Agak sulit sebetulnya. Tapi harus dilewati,” kata dia.

Omzet bisnis Nadia juga otomatis anjlok. Jika biasanya dia bisa menghasilkan Rp 1 juta per hari, kini hanya Rp 200 ribu. Sementara pesanan yang datang 4 hingga 5 kalung. (aminatus sofya)

Ikuti kami di
Editor: Wiwit Purwanto
Sumber: Surya
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved