Rekomendasi Makan Siang

Menu Sambelan Siang Ini Penyet Iwak Pe, Nasi Babat Madura, Iga Penyet Khas Suroboyo Dijamin Nendang

Menu makan siang di surabaya khas sambelan, ada penyet iwak pe, nasi babat khas maduyra dan iga penyet semuanya dijamin berkeringat nendang

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
Suryatravel/Wiwit purwanto
Seporsi Sego sambel iwak pe di Warung Sego Sambel Mbak Siti Sidoarjo 

SURYATRAVEL.COM, SURABAYA  - Cuaca yang kadang mendung hari hari ini kerap membuat perut selalu minta diisi.

Nah bicara perut tak lepas dengan kudapan yang selalu bikin perut lapar dengan cuaca yang sejuk.

Ada banyak pilihan menu salah satunya adalah menu sambelan yang pas sekali dengan cuaca seperti ini. Salah satunya adalah Sego Sambel Mbak Siti Sidoarjo.

Bagi penikmat kuliner menu satu ini bukan sajian yang asing. Sesuai namanya Sego Sambel, maka yang tertata di seporsi Sego Sambel tentunya nasi putih hangat plus sambal segar.

Pedas rasanya tidak terlalu tapi bagi saya yang tidak begitu suka pedas, rasa Sego Sambel Mbak Siti ini sangat pedas sambelnya.

Nah yang menjadi khas adalah lauk dari Sego Sambel ini. Yang paling dicari dan menjadi khas adalah Iwak Pe (ikan pari) asap yang juga di goreng.

Karena banyak di cari pelangganya kadang Iwak Pe ini habis sebelum sore. Namun tak perlu risau selain iwak pe, di Warung Sego Sambel ini juga ada lauk lainnya.

Ada telor dadar dan ceplok, ikan Lele goreng, bandeng presto, mujahir asap dan goreng serta tempe.

Nah kalau tipe ini biasanya bonus, karena semua jenis pilihan lauk tempe ini akan disertakan. Tak ketinggalan lalapan berupa daun kemangi dan timun.

Sekarang cukup mudah untuk mencari Warung Sego Sambel Mbak Siti. Di Sidoarjo ada di beberapa tempat, namun tempat favorit saya yang ada di Jalan Pagerwojo.

Selain tempatnya luas dan tidak begitu ramai pembeli. Beda dengan di lokasi lainnya seperti Perumahan Magersari Sidoarjo,.

Keringatan sudah pasti, dengan harga hanya Rp 18.000 untuk sambelan Iwak Pe, sangat puas makan di warung ini.

Bagi yang tidak suk sambal, hati hati karena sambal di warung ini sangat pedas. Ambil sedikit saja sambal dan nikmati gurih sedap sambalan Iwak Pe

Nasi Babat Khas Madura

Kuliner yang satu ini suah banyak di Surabaya, namun khusus Nasi Babat khas Madura yang ada di samping Pasar Atom, sepertinya harus dicoba.

Warung sederhana yang menyajikan menu Nasi Babat ini mudaj ditemukan karena berada persis di samping parkir motor Pasar Atom.

Di warung ini ada Nasi Babat, Paru ,  Limpa daging empal dan peyek udang. Satu lagi menu wajib dalam kuliner Madura adalah Cumi Hitam, dan yang tak kalah penting adalah sambal khas dan srundeng. Sambal dan srundeng ini yang bikin beda.

Nasi Babat Pasar Atom khas Madura, harga terjangkau
Nasi Babat Pasar Atom khas Madura, harga terjangkau (SURYATRAVEL.COM/WIWIT PURWANTO)

Umik, demikian penjual Nasi Babat ini biasa disapa sudah siap dengan tatanan menu menu di atas  meja. Dengan ramah ia melayani semua pelanggan yang sudah hafal dengan menu menunya.

Nasi punel hangat dengan porsi sedang dan sajian ikan di meja membuat perut makin tak sabar untuk menyantapnya. Bagi yang kurang suka dengan rasa pedas ada baiknya sambalnya sedikit saja.  

Namun sambal ini juga menjadi bagian yang tak terpisahkan dari menu Nasi Babat ini.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved