Kangen Suasana KBS, Besok Senin Rencana Dibuka Balita Lansia dan Bumil Dilarang Masuk

KBS dibuka,Termasuk untuk pengunjung dengan kategori tertentu seperti balita, lansia dan ibu hamil sementara tidak diperbolehkan

suryatravel/yusron naufal
Simulasi penerapan protokol kesehatan jelang dibukanya KBS 

SURYATRAVEL.COM, SURABAYA - Kabar gembira bagi warga Surabaya dan Jawa Timur yang sudah kangen dengan suasana Kebun Binatang Surabaya.

Setelah sekian lama ditutup lantaran pandemi virus corona atau Covid-19, akhirnya Kebun Binatang Surabaya (KBS) bakal kembali dibuka, Senin (27/7/2020) mendatang. Simulasi pun sudah dilakukan untuk memastikan keamanan lantaran belum meredanya situasi wabah.

Direktur Utama PDTS KBS, Chairul Anwar mengatakan pola dan sistem pengaturan sudah dipikirkan betul. Mulai dari pengunjung tiba hingga meninggalkan KBS. Termasuk mengantisipasi adanya kondisi darurat pun sudah dipikirkan.

"Kami sudah latih tim internal untuk penanganan pada situasi darurat,” kata Chairul Anwar, Sabtu  (25/7/2020).

Dia memaparkan, pola yang akan dilakukan itu, secara umum adalah pengunjung harus parkir kendaraan di Terminal Intermoda Joyoboyo.

Setelah itu, begitu tiba di KBS pengunjung bakal diminta untuk cuci tangan dan dicek suhu tubuhnya. Bila dari hasil pengukuran suhu tubuh melebihi 37,5 derajat maka bakal diarahkan ke ruang pelayanan kesehatan untuk beberapa saat.

"Biasanya karena setelah dari panas-panasan suhu tubuhnya ikut naik, tetapi transit masih tidak turun, maka tidak diperbolehkan untuk masuk,” kata Chairul.

Pengunjung wajib membeli dan melakukan pembayaran tiket via online. Saat berada di lokasi pengunjung hanya tinggal melakukan scan barcode kepada petugas.

Selain itu, lanjut Chairul, untuk menghindari terjadinya kerumunan, pengunjung diwajibkan mengikuti alur yang sudah ada. Bahkan saat melihat hewan pun pengunjung wajib berdiri pada tanda yang sudah tertera.

Lalu, juga dilakukan pembatasan pengunjung yaitu separuh kapasitas dengan pola pengaturan berdasarkan hari tertentu. Termasuk untuk pengunjung dengan kategori tertentu seperti balita, lansia dan ibu hamil sementara tidak diperbolehkan. (yusron naufal)

Ikuti kami di
Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
Sumber: Surya
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved