Suhu Dingin Mulai Merasuk Jawa Timur Di Malang Suhu Bisa Capai 16 Derajat Celcius

Suhu dingin mulai masuk wilayah jawa timur, puncaknya diperkirakan pada Bulan agustus di Malang suhu bisa capai 16 derajat celcius

suryatravel/Hayu Putra
Pengguna jalan menembus pekatnya kabut yang turun menyelimuti jalan di kawasan Genting, Kelurahan Merjosari, Kota Malang 

SURYATRAVEL.COM, MALANG – Suhu dingin sepertinya akan melanda beberapa daerah di Jawa Timur.  Seperti di Kota Malang pada malam hari, suhu dingin mencapai 16 derajat celcius.

Kepala Sub Bagian Observasi dan Informasi BMKG Karangploso Malang, Anung Suprayitno menyampaikan, suhu dingin di Malang Raya merupakan hal yang lumrah karena siklus musiman.

Hal ini ketika memasuki musim kemarau atau menjelang puncak musim kemarau di Indonesia.

"Kejadian seperti ini terjadi setiap tahun. Suhunya kadang lebih dingin dan kadang juga tidak. Puncaknya diperkirakan akan terjadi di bulan Agustus 2020," ucapnya saat dihubungi SURYAMALANG.COM, Selasa (28/7).

Anung menjelaskan, penyebab suhu dingin di Kota Malang diakibatkan oleh angin timuran yang berasal dari benua Australia.

Angin tersebut bersifat dingin dan kering ketika sudah sampai ke daratan Indonesia.

Puncak suhu terdingin umumnya terjadi di bulan Agustus karena bertepatan dengan wilayah selatan ekuator jauh dari garis edar matahari.

Pada saat itu pula, tekanan udara di Belahan Bumi Selatan (BBS) lebih tinggi dari pada Belahan Bumi Utara (BBU).

"Seiring Australia sedang musim dingin maka aliran udara yang melewati wilayah kita bersifat kering dan dingin. Hal ini dikenal dengan monsun timuran,” lanjutnya.

Monsun timuran berimplikasi dan berada pada musim kemarau. Jadi suhu dingin pasti terjadi umumnya dimulai sejak Mei - September dan puncaknya di Agustus,

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Wiwit Purwanto
Sumber: Surya
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved