Daging Awet Dan Tidak Amis Jangan Dicuci, Masak Setengah Matang Beri Garam dan Rempah

Mencuci daging kambing atau sapi sebelum mengolahnya, malah membuat bau amis. Kurang sedap jika dimasak

suryatravel/christine ayu
Mencuci daging kambing atau sapi sebelum mengolahnya, malah membuat bau amis. Kurang sedap jika dimasak 

SURYATRAVEL.COM,  SURABAYA - Hari Raya Idhul Adha telah tiba. Momen ini identik dengan menyantap aneka menu sajian spesial dari daging hewan kurban.

Di antaranya yakni sate, rendang, gulai, bistik, soto, rawon, bakso, dan sebagainya. Sayangnya, untuk sebagian orang proses mengolah hewan ini terbilang sulit. Pasalnya, tidak semua orang bisa menghilangkan bau amis yang keluar dari daging.

Menurut Executive Chef Cluster Royal Singosari Cendana dan Regantris Hotel Surabaya Edi Suhendi, mengolah daging agar tidak amis memang memerlukan tip khusus.

Biasanya, sebelum memasak daging, banyak yang mencucinya terlebih dahulu. Ternyata, hal ini malah membuat daging berbau amis dan berwarna biru.

"Mencuci daging kambing atau sapi sebelum mengolahnya, malah membuat bau amis. Kurang sedap jika dimasak," ungkap Edi.  

Sebaiknya, langkah ini dihilangkan saja. Daging bisa langsung direbus setengah matang sebelum diolah atau disimpan di lemari pendingin.

"Direbusnya setengah matang saja. Proses ini bisa menghilangkan bau amis. Selain itu daging juga akan lebih lunak sehingga mudah diolah," terangnya.

Jika ingin daging lebih sedap, saat merebus bisa ditambahkan aneka bumbu rempah. Selain rasanya lebih enak, bau amis juga mempermudah menghilangkan bau.

"Waktu direbus bisa ditambah rempah seperti jahe, bisa dikasih garam juga biar baunya tidak prengus. Bumbu ini juga membuat daging semakin empuk," katanya.

Setelah direbus setengah matang, baru daging bisa diolah menjadi aneka hidangan atau disimpan untuk dimasak kemudian hari. Bisa juga ditambah bawang merah dan bawang putih.

Jika ingin disimpan di lemari es atau freezer, Edi menyarankan untuk mengemasnya dengan plastik wrap agar bisa lebih tahan lama.

"Dagingnya juga jadi lebih higienis. Kalau disimpan sampai 15 derajat celcius, daging bisa tahan sampai enam bulan," Edi menambahkan.

Menurutnya, daging bisa diolah menjadi aneka masakan spesial, baik khas Nusantara maupun internasional.

"Bisa dibuat sup, rasanya tidak akan amis karena sudah direbus sama dikasih dan garam tadi. Jadi rasa dagingnya pasti enak. Selain itu kalau mau olahan western, bisa pilih beef stroganoff," pungkasnya. (Chritine ayu)

Ikuti kami di
Editor: Wiwit Purwanto
Sumber: Surya
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved