Pemprov Jatim Berharap Wisata Selo Tirto Giri Gresik Dikembangkan Lebih Baik

Wisata Setigi ini sangat inspiratif luar biasa. Dimana-mana, lokasi bekas tambang disulap jadi wisata yang indah

surya/Willy Abraham
Desa wisata Sekapuk, Gresik dengan wisata andalan bukit Setigi 

SURYATRAVEL.COM, SURABAYA – Wisata Selo Tirto Giri (Setigi) di Desa Sekapuk Kecamatang Ujung Pangkah Gresik, menarik perhatian Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Wisata yang disulap dari bekas lokasi tambang kapur ini menurutnya sangat inspiratif dan didorong untuk bisa mendapatkan program pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang tengah digagas oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersama pemerintah pusat.

"Wisata Setigi  ini sangat inspiratif luar biasa. Dimana-mana, lokasi bekas tambah itu seringnya dipakai untuk tempat buang sampah karena memang tak mudah recoverynya. Tapi di sini disulap jadi tempat wisata yang indah," kata Khofifah.

Dalam kesempatan hadir dalam rangkaian Hari Anak Nasional itu, Khofifah menyempatkan diri untuk berwisata menyusuri lokasi wisata Setigi.

Ia juga menyempatkan diri untuk menebar benih ikan di danau bekas tambang yang menjadi salah satu ikon di tempat wisata tersebut serta melakukan penanaman pohon mentega. 

Lokasi wisata ini dibuka kembali dengan protokol kesehatan. Pengunjung yang datang diminta untuk menggunakan masker, menjaga jarak di setiap lokasi titik foto, makan dan spot menarik di sana, serta disediakan beberapa lokasi untuk mencuci tangan menggunakan sabun.

Namun memang harus diakui bahwa wisatawan yang datang belum begitu banyak. Lokasi wisata ini belum pulih betul setelah ditutup karena ada pendemi covid-19.

Padahal dari jalannya wisata ini, ada efek ganda yang didapatkan khususnya dari pengungkit ekonomi masyarakat desa setempat. Dari jualan makanan, suvenir, parkir dan bermacam-macam dijalankan warga setempat untuk menjadi sumber penghasilan mereka.

Jika wisatanya sepi, tentu akan berdampak pula pada penghasilan masyarakat Desa Sekapuk yang mengandalkan ekonomi keluarganya dari wisata Setigi ini.

"Nah sekarang pemerintah ada program pemulihan ekonomi nasional (PEN) dengan bunga tiga persen, saya ingin Pak Kades memanfaatkan program ini dengan mengajukan wisata ini untuk bisa dikembangkan," kata Khofifah.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, dalam rangka pemulihan ekonomi nasional, ada penempatan dana dari Pemerintah Pusat ke beberapa bank daerah di Indonesia. Salah satunya adalah Provinsi Jawa Timur yang mendapatkan dana penempatan sebesar Rp 2 trilliun.

Dana tersebut diupayakan bisa disalurkan pada masyarakat untuk bisa mendorong ekonomi kecil, ekonomi kerakyatan agar bisa mengungkit ekonomi lokal.

"Saya ingin wisata ini dikembangkan lagi, apalagi masih ada lahan kosong yang luas. Pak Kepala Desa silahkan berinovasi menciptakan spot wisata yang instagramable agar kita harap tahun depan kita ke sini lagi, lokasi wisata ini sudah berubah jauh lebih baik lagi," pungkas Khofifah. (fatimatuz zahroh) 

Ikuti kami di
Editor: Wiwit Purwanto
Sumber: Surya
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved