Taman Berembun Ikon Sekaligus Wahana Baru di Taman Balai Pemuda n

Sensasi jalan-jalan di tengah taman yang setiap saat berembun dan berkabut ini ada di Taman Balai Pemuda Surabaya

suryatravel/istimewa
Maket ilustrasi Taman Berembun yang saat ini tinggal penyelesaian. 17 Agustus 2020 Taman ini bisa dinikmati warga 

SURYATRAVEL.COM, SURABAYA - Warga Surabaya akan mendapat taman baru yang setiap hari berembun. Sensasi jalan-jalan di tengah taman yang setiap saat berembun dan berkabut ini ada di Taman Balai Pemuda Surabaya.

Taman ini sekarang ,masih dalam tahap penyelesaian, rencananya tepat  pada Tanggal 17 Agustus  nanti Taman Berembun ini sudah bis dinikmati warga kota.

Inilah gambaran destinasi baru taman di tengah kota yang pertengahan Agustus ini tuntas. Meski luasannya tak seberapa, namun taman di pusat jantung kota ini akan memberi warna baru untuk Surabaya. Lokasinya di Jl Gubernur Suryo.

"Taman Balai Pemuda akan berhias embun jadi bisa dibilang taman berembun," kata Kepala Bidang Bangunan dan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP-CKTR) Kota Surabaya, Iman Krestian, Jumat (31/7/2020).

Keberadan taman berhias air mancur menjulang itu tidak saja mempercantik Balai Pemuda, namun memberi sensasi kesejukkan. Taman berkabut itu dibikin agar kawasan Balai Pemuda lebih hijau dan adem.

Jadi nanti akan ada air mancur berkabut. Bahkan selain di air mancur ini, di sekitaran taman juga ada instalasi pengkabutan. Taman dengan luasan sekitar 400 meter persegi itu akan berhias kabut.

Keberadaan taman baru itu berlokasi di pelataran gedung Herritage Balai Pemuda. Inilah lantai permukaan Alun Alun Suroboyo bawah tanah. Taman ini adalah pelengkap. 

Iman menuturkan konsep taman berakbut Balai Pemuda mirip dengan Taman Surya di Balai Kota Surabaya. Akan aneka macam tanaman dan pohon.

Dia menyebut akan ada instalasi di sepanjang taman sehingga bisa mengeluarkan embun lembut seperti kabut. Saat ini sudah dipasang pasif cooling sehingga memancarkan kristal embun-embun. 

 Taman itu harus dilakukan untuk mengurangi terik di areal terbuka Balai Pemuda. Posisinya Persis di antara gedung Balai Pemuda dan Gedung baru DPRD yang saat ininmembentang pelataran tanpa peneduh. 

Selama ini sudah ada pot bunga dan tanaman tapi belum bisa maksimal.  Akhirnya diputuskan Pembangunan taman. Saat ini proses penyelesian taman tengah dituntaskan. "Pokoknya 17 Agustus besok, kami harus tuntaskan semua. Ini kami ngebut," kata Agus, salah satu pekerja.

Pantauan di lokasi, saat ini lingkaran pusat air mancur sudah terpasang sempurna. Sementara bak kotak memanjang untuk aneka tanaman juga sudah tuntas. Sementara keramik batu alam pengganti keramik lama juga sudah selesai dikerjakan.

Taman berkabut itu dimulai dengan tahap awal dengan membongkar semua keramik lama. Padahal keramik itu pada 2016 lalu baru jadi. Diganti batu alam anti jamur.

Taman indah dan sejuk ini adalah satu paket pengerjaannya dengan Pembangunan Alun-alun bawah tanah Balai Pemuda. (nuraini faiq)

Ikuti kami di
Editor: Wiwit Purwanto
Sumber: Surya
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved