Tengkleng Kudapan Khas Solo Yang Turun Temurun Berbahan Daging dan Tulang Kambing

“Menu tengkleng adalah menu turun-temurun yang sering disajikan dalam acara keluarga Salah satu hidangan wajib khas Hari Raya Kurban

suryatravel/mayang essa
Tengkleng Solo daging kambning salah satu hidangan wajib khas Hari Raya Kurban 

SURYATRAVEL.COM SURABAYA - Salah satu hidangan wajib khas Hari Raya Kurban yaitu aneka olahan daging seperti kambing dan sapi. 

Untuk ikut menyemarakkan perayaan hari raya Idul Adha, Quest Hotel Darmo Surabaya berbagi resep olahan daging kambing dengan mendemontrasikan proses memasak secara langsung di akun Instagram @questsurabayahotel. 

Executive Chef Quest Hotel Darmo, Dolimin membagikan resep Tengkleng Kambing. Makanan bercitarasa lokal khas Indonesia ini dapat dengan mudah dipraktekkan di rumah. 

“Menu tengkleng adalah menu turun-temurun yang sering disajikan dalam acara keluarga. Melalui demonstrasi live yang kami lakukan di Instagram, kami berharap agar kerinduan para tamu kami tentang hotel kami dapat terobati,” ungkapnya, Jumat (31/7/2020). 

Lanjutnya, Tengkleng merupakan masakan sup khas kota Solo yang berbahan dasar daging kambing dan tulang kambing yang diolah dengan rempah khas Indonesia. 

Bumbu dan rempah-rempah tersebut yaitu lengkuas, jahe, kunyit, serai, kemiri, pala, cengkeh, santan yang memiliki aroma dan cita rasa yang khas dari sup tersebut. 

“Dari pengolahannya cukup mudah, mulanya masukkan daging kambing dan masak hingga kotoran dan busa mengambang di permukaannya. Angkat busa yang kotor,” paparnya. 

Selanjutnya, tambahkan serai, daun salam, lengkuas dan daun jeruk dan bumbu halus lainnya. Tunggu hingga mendidih dan siap disajikan dalam keadaan panas. 

Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa segar dan hangat pada sajian Tengkleng kambing ini. 

Dolimin membagikan tipsnya, untuk mengurangi aroma tajam kambing, daging kambing harus dicuci bersih dan bilas beberapa kali.

Ikuti kami di
Editor: Wiwit Purwanto
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved