Sudah Dibuka Dengan Protokol Kesehatan Obyek Wisata Pantai di Malang Masih Sepi Pengunjung

wisata pantai di malang sudah buka lagi tapi pengunjung masih sepi hal ini dkeluhkan pe ngelola padahal protokol kesehaytan sudah dilakukan

suryatravel/erwin wicaksono
Wisata Pantai Watu Leter Malang, masih sepi pengunjung 

SURYATRAVEL.COM, MALANG - Wisata pantai di Malang Selatan sudah dibuka kembali untuk umum. Meski begitu belum menunjukkan lonjakan pengunjung.

Salah satu petugas loket Wisata Pantai Leter, Mamad mengatakan, pengunjung tiap harinya tak sampai tembus angka tiga digit.

"Kondisinya seperti saat ini. Pengunjung masih sepi. Kondisi ini berbeda dengan sebelum Covid-19, dulu ramai. Setelahnya malah tambah jarang," ujar Mamad ketika ditemui di loket Pantai Watu Leter, Minggu (02/08/2020).

Ritme kunjungan wisata yang belum stabil, turut mempengaruhi penghasilan Mamad sebagai penjaga loket. Saat ditutup, ia rela tetap bekerja meski tak dibayar.

Setelah pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar berakhir pada Mei lalu, geliat pariwisata pantai sempat hidup kembali. 

Namun, kunjungan wisata akhirnya dilarang. Setelah Dinas Pariwisata Kabupaten Malang mengeluarkan surat edaran pada 13 Juli 2020 lalu. Surat itu berisi kebijakan penutupan wisata pantai di Jalur Lintas Selatan (JLS). Alasannya, karena pengunjung tak mematuhi protokol kesehatan. 

"Tambah sepi sekali saat sempat ditutup saat itu," kata Mamad.

Mamad turut mengkritisi kebijakan Pemkab Malang soal buka tutup tempat pariwisata.  "Karena kami memang menerapkan protokol kesehatan," terang Mamad. 

Setelah kini dibuka kembali, Mamad menegaskan sarana protokol kesehatan sudah ada sejak dulu. "Pengunjung kami cek suhunya sebelum masuk. Lalu harus pakai masker. Fasilitas cuci tangan juga sudah lengkap," ungkap Mamad.

Tak jauh berbeda, kunjungan wisatawan di Pantai Banyu Meneng belum tunjukkan ritme fluktuatif. Pantai yang belokasi di Kecamatan Bantur itu mengalami penurunan pengunjung hampir 100 persen. 

"Saat ini sudah buka kembali. Tapi penurunan pengunjung dari 100 persen saat ini hanya 25 persen," ujar anggota Kelompok Hutan Lindung Pantai Banyu Meneng, Diani.

Wisata Pantai Banyumeneng Malang
Wisata Pantai Banyumeneng Malang (suryatravel/erwin wicaksono)

Sebelum Covid-19 melanda, pantai yang menawarkan panorama air lau yang tenang ini dibanjiri banyak pengunjung. Kata Diani, sehari bisa 200 pengunjung. 

"Saat ini mungkin cuma 20 orang saja," ujar Diani. Diani menegaskan, seluruh pengunjung telah dihimbau mematuhi protokol kesehatan.

"Wajib pakai masker. Kami cek suhu juga. Kami juga telah melengkapi fasilitas protokol kesehatan di pantai. Seperti cuci tangan dan pos kesehatan," ujar Diani. (Erwin Wicaksono)

Ikuti kami di
Editor: Wiwit Purwanto
Sumber: Surya
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved