Berburu Kuliner Khas Sate Karak di Ampel Legendaris yang Hampir Punah

Salah satunya adalah kuliner khas Sate Karak di Jalan KH Mas Mansyur, kawasan Kampung Arab Ada lapak kuliner di ampel lonceng

suryatravel/wiwit purwanto
Sate Karak khas Ampel, kuliner legendari di kampung Arab 

SURYATRAVEL.COM, SURABAYA -  Jalan jalan ke wisata religi komplek Masjid Sunan Ampel tentunya banyak kuliner khas dari Arab yang ditawarkan disini.

Salah satunya adalah kuliner khas Sate Karak di Jalan KH Mas Mansyur, kawasan Kampung Arab.

Berbagai warung menyajikan hidangan yang seperti tidak ada habisnya. Warung-warung kuliner sibuk melayani pembeli. Mulai dari nasi kebuli, roti maryam, gulai kambing dan olahan daging lainnya khas kuliner Arab dan nusantara.

Ada lapak kuliner berwarna merah di gang Jalan Ampel Lonceng, Sunan Ampel, Semampir, yakni Sate Karak.

Istilah karak mungkin tidak asing di telinga orang Jawa, yaitu nasi sisa yang dikeringkan. Namun, siapa sangka sajian kuliner Sate Karak khas Ampel akan berbeda.

Satu piring Sate Karak terdiri dari olahan sate yang berbahan usus sapi dipadu dengan ketan hitam, parutan kelapa dan tambahan kedelai ditumbuk halus biasa disebut koya.

Elistiawati, 45 tahun, kelahiran Ampel, meneruskan usaha sang nenek menjual kuliner Sate Karak di sebuah warung mungil kawasan Ampel. Meski tak mengingat pasti kapan keluarganya memulai usaha Sate Karak, Elis mengaku sudah 20 tahun meneruskan usaha keluarganya.

"Awal mula memang di sini, bisa dibilang yang mengawali. Saya meneruskan saja, sudah tiga turunan," kata Elis.

Uniknya penyajian kuliner ini terdiri dari sate usus berbumbu kacang yang dipadu dengan satu piring ketan hitam. Dia mengaku juga menyediakan nasi putih untuk variasi.

Kata Elis sate diolah dengan bumbu genep (lengkap), diungkep selama sekitar satu jam. Sate disajikan dengan ketan hitam yang sudah direndam kemudian dimasak dan dikukus.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved