Wisata Ngerit Stone Park

Ngerit Stone Park Taman Bebatuan Karst Eksotis Di Perbukitan Trenggalek

Di Trenggalek ada Ngerit Stone Park atau Taman Bebatuan Ngerit ini unik karena menawarkan pemandangan bebatuan karst

Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/aflahulabidin
Pengunjung menjelahi area Ngerit Stone Park di Desa Senden, Kecamatan Kampak, Trenggalek 

SURYATRAVEL.COM, TRENGGALEK -  Ada satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi karena keunikannya di Kabupaten Trenggalek. Seperti namanya, Ngerit Stone Park atau Taman Bebatuan Ngerit ini unik karena menawarkan pemandangan bebatuan karst yang terhampar di hampir seluruh area wisata.

Ngerit Stone Park berada di daerah perbukitan di Desa Senden, Kecamatan Kampak. Jaraknya dari pusat kota Trenggalek sekitar 20 kilometer. Akses menuju lokasi cukup mudah, melewati tanjakan dan turunan landai.

Suhadi, pengelola Ngerit Stone Park, menjelaskan, setidaknya ada dua belas spot yang bisa dijelajahi di taman bebatuan itu. Model wisata di tempat ini adalah penjelajahan. Jadi, pengunjung yang datang berjalan dari titik pintu masuk menuju rute terakhir.

“Memang butuh durasi agak lama. Setengah sampai satu jam,” kata Suhadi, Minggu (23/8/2020).

Kawasan Ngerit Stone Park yang kini jadi salah satu jujugan wisata di Trenggalek
Kawasan Ngerit Stone Park yang kini jadi salah satu jujugan wisata di Trenggalek (suryatravel/aflahulabidin)

Karena rute yang terbilang jauh dan cenderung naik-turun menapaki jalan bebatuan, ia menyarankan kepada calon pengunjung untuk menyiapkan kondisi fisik sebelum mengelilingi Ngerit Stone Park.

Tentu saja, dua belas spot yang ada di tempat wisata tersebut berhubungan dengan batu-batuan. Yang terbaru adalah area labirin batu. Suhadi bilang, pengunjung yang baru datang akan disambut dengan jalan sempit yang kanan-kirinya dinding-dinding batu bak labirin.

“Ini baru. Sebelumnya pengunjung cuma bisa lihat labirinnya saja. Tapi sekarang bisa juga melewatinya,” sambung Suhardi.

Selain itu, ada juga spot rumah batu, dan goa-goa yang bisa dijelajahi. Umumnya, goa yang ada di Ngerit Stone Park tak dalam. Di musim penghujan, kata dia, pengunjung juga bisa melihat aliran sungai yang melintas di tengah-tengah Ngerit Stone Park.

Pada libur panjang akhir pekan ini, pengelola merasakan kenaikan pengunjung usai terdampak Pandemi Covid-19. Sejak awal libur Tahun Baru Islam, puluhan hingga ratusan orang datang ke tempat wisata tersebut.

“Memang tidak signifikan, tapi sudah ada peningkatan sejak dibuka Juli lalu,” kata Suhadi.

Sumber: Surya
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved