Terowongan Bawah Tanah Penghubung Terminal Intermoda Joyoboyo – KBS Tertunda

Terowongan bawah tanah menembus dari Terminal Intermoda Joyoboyo - sampai ke KBS tak jadi direalisasikan tahun ini.

suryatravel/sugiharto
Rencana pembangunan terowongan penghubung Terimnal Intermoda Joyoboyo - KBS 

SURYATRAVEL.COM , SURABAYA – Warga Surabaya dan sekitarnya harus bersabar  untuk bisa menikmati jalan lorong bawah tanah atau tunnel Kebun Binatang Surabaya (KBS) .

Akses pintu masuk bawah tanah ke KBS itu ditunda dan gagal direalisasikan tahun ini. 

Direktur Utama Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS Khairul Anwar menuturkan pihaknya bisa memahami karena terkait pandemi covid-19. "Sudah tinggal lelang proyek Tunnel itu, tapi harus ditunda," katanya, Kamis  (9/9/2020).

Terowongan bawah tanah itu rencananya menembus dari Terminal Intermoda Joyoboyok sampai ke KBS.

 (TIJ)-Kebun Binatang Surabaya (KBS),  tak jadi direalisasikan tahun ini. Proyek Tunnel sepanjang 160 meter itu dipending karena pandemi corona. 

Proyek senilai Rp 23 miliar tersebut harus ditunda setelah sebelumnya dilakukan refocusing anggaran. Saat pembahasan Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) mengabaikan proyek tersebut. 

Tidak hanya underpass KBS tembus Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ) yang tidak bisa dinikmati warga tahun ini. Rencana menambah wajah baru KBS dengan night zoo juga gagal direalisasikan.

KBS Dibuka Lagi Beli Tiket Online Dan Pengunjung Dibagi Dua Sesi

Tunnel KBS itu rencanaya akan menembus TIJ langsung pintu selatan KBS. Terowongan bawah tanah berkedalaman 5 meter tersebut menjadi jalur khusus pengunjung un tu menembus KBS. 

Irvan menyebut sebenarnya proyek ini sudah dilelang. Namun karena musibah corona, semua dilakukan realokasi anggaran. Semua proyek yang tidak mendesak dan vital harus dipending. 

Sebenarnya proyek tersebut akan menjadi tunnel pertama di Surabaya. Kedalamannya hampir sama dengan alun-alun bawah tanah Balai Pemuda. Lorong bawah tanah selebar 4 meter ini akan memanjakan pengunjung KBS.

Seluruh pengunjung KBS akan parkir di TIJ. Kemudian mereka tak lagi menyeberang di Jalan Raya Terminal Joyoboyo. Tak lagi kepanasan dan kehujanan karena menembus parkir TIJ.

Semula, proyek prestisius tersebut direncanakan akan tuntas Desember 2020 ini. "Sebenarnya akan menjadi fasilitas baru buat KBS. Tapi memang harus ada prioritas lain sehingga proyek ditunda," tambah Chairul Anwar.

Padahal Tunnel KBS itu akan mempermudah dan memberi pengalaman baru bagi pengunjung KBS. Lorong bawah tanah itu akan berhias ornamen dan Arsitektur khas. 

Jalurnya mulai dari basement TIJ menuju ke pintu selatan KBS. Jadi, pengunjung KBS yang parkir di TIJ bisa langsung lewat terowongan ini.

Selain memberi taste baru juga bakal mempermudah akses dari TIJ menuju KBS. Fungsi TIJ juga akan maksimal. Sebelum ada TIJ, pengunjung KBS pada akhir pekan membeludak dan memacetkan jalan. 

Ikuti kami di
Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved