Belanja Online

Malang Gleerrr Belanja Online Khusus Menjual Produk UMKM di Kota Malang

Pemkot Malang melaunching sebuah situs jual beli online yang khusus menjual produk-produk buatan UMKM di Kota Malang, malanggleerrr.com

Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/rifky edgar
Walikota Malang Sutiaji bersama istrinya Widayati Sutiaji saat melihat produk UMKM yang dipamerkan dalam launching situs jual beli online malanggleerrr.com 

SURYATRAVEL.COM, MALANG - Pemerintah Kota Malang melaunching sebuah situs jual beli online yang khusus menjual produk-produk buatan UMKM di Kota Malang.

Situs tersebut bernama malanggleerrr.com yang dibuat oleh Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang (Diskopindag) bersama dengan salah satu komunitas di Kota Malang.

Beragam produk UMKM telah diposting di dalam situs tersebut. Seperti produk fashion, makanan dan minuman hingga souvenir ataupun oleh-oleh khas Malang.

Saat ini telah ada 100 lebih produk UMKM yang siap untuk dipasarkan dan diperjualbelikan.

"Inovasi ini merupakan bentuk nyata dari pentahelix yang kami cita-citakan. Jadi kami mengajak masyarakat dan komunitas untuk saling berkolaborasi bersama untuk menumbuhkan perekonomian di Kota Malang," ucap Wali Kota Malang Sutiaji usai melaunching Malang Gleerrr di Gedung Kartini Malang, Sabtu (12/9).

Dalam acara launching tersebut, produk-produk UMKM yang telah dijual di situs Malang Gleerrr dipamerkan secara berjajar.Tetapi, pemilik produk UMKM tidak diperkenankan untuk hadir dalam acara launching tersebut.

Masyarakat yang tertarik dengan produk UMKM diharuskan untuk membelinya secara langsung melalui malanggleerrr.com.

"Saya kira ini bagus. Antara rem dan gas kami terapkan di saat pandemi Covid-19 ini. Jadi harus jelas, dan UMKM ini harus tetap jalan asalkan menerapkan protokol kesehatan,"lanjutnya.

Adanya situs jual beli online untuk produk UMKM tersebut diharapkan oleh Sutiaji dapat mengangkat lagi derajat UMKM di masa pandemi Covid-19.

Menurutnya, inovasi yang telah diberikan oleh Pemkot Malang tersebut untuk mengangkat lagi pertumbuhan ekonomi di Kota Malang.

"Karena pakar ekonom banyak menyebut kekuatan ekonomi Indonesia justru di sektor mirko. Karena UMKM ini tidak terlalu banyak terpengaruh oleh situasi ekonomi global. Jadi ini yang harus kita kuatkan," tambahnya.

Sutiaji berharap, melalui launching Malang Gleerrr nantinya bisa melihat omset pendapatan dan jumlah UMKM yang ada di Kota Malang.

Dikarenakan, setiap UMKM yang ingin produknya ditampilkan di malanggleerrr.com tidak dipungut biaya apapun, alias gratis.

Para UMKM hanya tinggal mendaftarkannya melalui aplikasi tersebut, atau juga bisa mendatangi kantor Diskopindag Kota Malang.

"Semuanya akan terverifikasi di situs ini. Tinggal semua dijalankan dan dikembangkan saja sembari kita lakukan evaluasi," ujarnya.

Sementara itu Ketua Dekranasda Kota Malang, Widayati Sutiaji mengapresiasi dengan adanya situs Malang Gleerrr guna menggerakkan kembali gairah produk UMKM di Kota Malang.

Menurutnya, ke depan penjualan tidak hanya bisa dilakukan melalui online saja, tetapi juga via offline dengan menaruh produk UMKM di rumah solusi.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved