Usia 79 Tahun Tarwi Mantan Atlet Balap Sepeda Lakoni “Tour De Java 1.100 Km” Surabaya - Jakarta

Di tengah pandemi covid-19, tak menyurutkan niat Tarwi untuk melakukan Tour de Java ia akan melakoni balap sepeda surabaya jakarta

suryatravel/wiwit purwanto
Tarwi mantan atlet balap sepeda bersama Puspita Mustika Adya mantan atlet yang sekarang mendampingi sebagai pelatih untuk bersepeda Surabaya Jakarta 

SURYATRAVEL.COM, SURABAYA – Tarwi, mantan atlet dan pelatih balap sepeda yang popular di era Tahun 60 – 70 an tak berhenti mancal. Ia akan gowes Surabaya – Jakarta sejauh 1100 Km.

Di tengah pandemi covid-19, tak menyurutkan niat Tarwi untuk melakukan Tour de Java. Pria yang pada 17 September 2020 nanti berusia 79 tahun bertekad akan memulai perjalanan ‘Tour de Java 1.100 Km is Back’ dengan mengambil start dari Universitas Negeri Surabaya, yang berlokasi di Jalan Rektorat Unesa, Lidah Wetan, Kec. Lakarsantri, Surabaya.

“Saya ingin mengulang kembali perjalanan dari Surabaya ke Jakarta. Pada 2002 lalu saya pernah melakukannya hanya saja waktu itu pamitnya usai Subuh bersepeda saja dan tidak mengatakan kemana perginya,” kata Tarwi.

Usut punya usut setelah 4 hari kemudian ia mengabari keluarganya  sudah di Jakarta. Sengaja ia tidak mengutarakan rencananya karena keluarganya pasti melarangnya.

Kini 18 tahun berlalu, keinginan itu kembali mengemuka walaupun pandemi covid-19 masih mengintai.

 “Justru saya ingin menunjukkan kepada para generasi muda untuk tetap produktif dan tidak menyerah seperti anjuran bapak Presiden Jokowi. Kita harus tetap semangat. Dan khusus bersepeda kali ini saya mendapatkan ijin dari keluarga tetapi harus didampingi selama perjalanan,” jelas peraih medali emas beregu di ajang Games of New Emerging Forces (Ganefo) pada tahun 1966 di Phnom Penh

Saat itu ia meraih emas bersama eman-teman seperjuangannya seperti Sapari dan Theo Gunawan.

Sementara itu Ony Cristiana Dewi, selaku ketua pelaksana yang juga putri kandung Tarwi mengungkapkan berusaha memberikan yang terbaik untuk ayahanda tercinta.

Baginya sebagai anak dia tak bisa melarang kemauan orang tuanya. “Justru kalau kita larang saya takutnya bapak justru sakit. Dan selama ini bapak sudah sering bersepeda dari Surabaya ke Malang seminggu,” ujarnya.

Puncaknya saat finish di Jakarta nanti, nama Tarwi akan tercatat di Museum MURI sebagai pria usia 79 tahun yang pernah gowes dari Surabaya ke Jakarta sejauh 1100 km. 

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved