Jujugan Wisata Mojokerto

5 Jujugan Wisata Favorit Di Mojokerto Buka Ada Pemandian Air Panas dan Bukit Paralayang

Sejumlah tempat wisata di wilayah Mojokerto sudah di mulai buka sebagian masih di uji coba namun dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/m romadoni
Waterpark Ubalan, Pacet Mojokerto 

SURYATRAVEL.COM, SURABAYA – Sejumlah tempat wisata di wilayah Mojokerto sudah di mulai buka sebagian masih di uji coba namun dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Kepala Disparpora Pemkab Mojokerto, Amat Susilo menjelaskan pembukaan tempat pariwisata itu sesuai Surat Edaran Bupati Nomor 650/1503/416-116/2020 tentang pedoman penyelenggaraan usaha pariwisata dalam mewujudkan tatanan new normal.

Selain itu, berdasarkan Surat Edaran dari Gubernur Jawa Timur 19 Juni 2020 juga merujuk bahwa tatanan normal baru mulai diberlakukan.

Adapun tempat pariwisata dalam masa percobaan dan sudah dibuka yaitu

1. Wisata Padusan Ubalan

Mengandalkan  kolam atau pemandian air panas, wisata ala mini sudah mulai dibuka dengan penerapan protokol kesehatan .

Menurut dia, masa uji coba ini bertujuan untuk mengakomodir sekaligus melengkapi kebutuhan dari pengelola pariwisata dan pengunjung agar sepenuhnya memenuhi standart penerapan protokol kesehatan.

Tentunya, pengelola pariwisata wajib menyediakan bilik disinfektan, fasilitas cuci tangan, Thermo Gun  dan menyediakan handsanitizer di kawasan tempat pariwisata yang mudah dijangkau pengunjung. 

Masih kata Amat, pihaknya tidak akan memberikan toleransi terhadap tempat pariwisata yang tidak memenuhi fasilitas sesuai protokol kesehatan.

Apabila pengelola tempat wisata belum dapat melengkapi fasilitas protokol kesehatan itu maka akan ditutup sementara sampai mereka melengkapinya. 

Sedangkan, cara mengantisipasinya akan ada petugas khusus yang berkeliling mengimbau pengunjung agar mengenakan masker dan jaga jarak aman termasuk melalui pengeras suara mengingatkan terkait protokol kesehatan.

"Sanksi tegas jika pengunjung pariwisata bandel tidak mau mengenakan masker dipersilahkan meninggalkan lokasi wisata," lanjutnya.

2. Desa Wisata Trawas Dan Bukit Aerosport Paralayang

Destinasi desa wisata baru di Trawas Kabupaten Mojokerto baru diresmikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Desa wisata yang mengandalkan agrowisata dan olahraga aerosport paralayang ini diperkuat dengan pemandangan indahnya lereng Gunung Penanggungan.

Desa Wisata Trawas dengan bukit untuk olahraga aerosport
Desa Wisata Trawas dengan bukit untuk olahraga aerosport (suryatravel/istimewa)

Di desa ini ada banyak keunggulan yang ditawarkan. Pertama yaitu untuk menikmati paralayang, kemudian petik sayur organik dan juga wisata berkuda di sepanjang lereng Gunung Penganggungan.

Desa wisata ini menjadi penguatan potensi desa wisata di Jawa Timur. Pasalnya saat ini belum banyak destinasi wisata yang menawarkan wahana olahraga paralayang. 

 “Pariwisata di sini sangat potensial. Wisatawan yang datang ke sini akan banyak mendapatkan pengayaan. Mulai dari menikmati keindahan gunung penanggungan, menikmati petik sayur organik yang bisa dibawa pulang dan juga ada wahana berkuda yang dikelola oleh masyarakat desa sini,” kata Khofifah. 

Khusus untuk paralayang, mereka akan diajak untuk take off dari dari Bukit Sungkoro. Dan desa wisata Trawas ini akan menjadi tempat landing olahraga paralayang ini. 

Lokasi paralayang ini ada di atas ketinggian 1.234 meter di atas permukaan laut. Jarak antara puncak dengan landasan ini memiliki selisih 500 meter di atas permukaan laut. Sehingga pengunjung bisa menikmati pemandangan yang indah mulai Gunung Penanggungan, Gunung Arjuno dan pemandangan pegunungan yang cantik. 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved