Sumber Cinde Akan Di Kelola Jadi Wisata Desa Alami Kolam Renang Dan Lingkungan yang Asri

Potensi wisata di Desa Bumiaji terus dikembangkan, setelah pengembangan wisata bunga, kali ini pengembangan wisata alam di dekat kawasan Sumber Cinde.

suryatravel/benni indo
Sumber Cinde di Desa Bumiaji akan digarap menjadi wisata desa yang alami 

SURYATRAVEL.COM, BATU - Potensi wisata di Desa Bumiaji terus dikembangkan, setelah pengembangan wisata bunga, kali ini pengembangan wisata alam di dekat kawasan Sumber Cinde.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko telah datang ke Desa Bumiaji membahas kesiapan desa,  pengembangan tujuan wisata di Bumiaji menjadi inisiatif bersama Pemkot Batu dengan Pemdes Bumiaji. "Keduanya itu sama-sama inisiatif dari masyarakat," katanya.

Kata Dewanti koordinasi yang baik antara masyarakat, Pemerintah Desa dan Pemkot Batu harus dilakukan. Masyarakat harus mengetahui dengan jelas program-program yang dicanangkan maupun direncanakan.

"Juga supaya jelas seperti apa kedepannya, jangan sampai mengganggu atau merusak lingkungan maka harus ada kajian. Setelah diketahui hasilnya jika memungkinkan baru dilaksanakan konsep wisatanya," katanya.

Dewanti berharap tidak ada bangunan permanen di tempat wisata alam. Ia ingin Sumber Cinde bisa menjadi tempat tujuan wisata yang alami dan menyegarkan. Maka harus ada kesiapan untuk menjaga lingkungan agar terlihat asri.

"Di Sumber Cinde itu anak-anak bisa mandi tidak melulu harus kolam renang, maka nanti airnya itu harus dibersihkan," katanya.

Pemkot Batu siap membantu segala persiapan untuk menunjang potensi tujuan wisata. Seperti sarana dan prasarana, termasuk fasilitas umum berupa jalan dan penerangan hingga soal perizinan.

Kepala Desa Bumiaji, Edy Jabo Suyanto mengatakan, memang ada inisiatif untuk menjadikan Sumber Cinde tempat tujuan wisata. Namun terdapat kendala yang dihadapi Pemdes Bumiaji, yakni soal legalitas pemilik Sumber Cinde.

“Sumber Cinde, memang masuk kawasan Bumiaji, tapi kepemilikannya PDAM Kota Malang,” kata Edy.

Saat ini, Pemdes Bumiaji tengah menelusuri kebenaran legalitas pemilik Sumber Cinde. Edy juga mengatakan telah mempertanyakan ke PDAM Kota Malang maupun Among Tirto Kota Batu.

“Kami dari desa berusaha mencari legalitas sebenarnya, kalau itu memang hak milik PDAM Kota Malang, sertifikatnya di mana?” ujarnya.

Di sisi lain, Edy mengatakan kalau selama ini PDAM Kota Malang tidak memberikan sumbangsih sosial terhadap masyarakat Bumiaji sebagai pemilik kawasan Sumber Cinde. Ia berharap ada sumbangsih sosial sehingga ada dampak positif terhadap masyarakat. 

Rencananya, Sumber Cinde akan dijadikan tempat tujuan wisata alam. Edy mengatakan ada kolam renang, situs budaya dan tempat pertunjukan untuk menjaga tradisi desa. Walaupun nantinya memang benar kepemilikan Sumber Cinde itu dimiliki oleh PDAM Kota Malang, pihak desa akan mengajak kerjasama agar tujuan wisata bisa digarap. (benni indo)

Ikuti kami di
Editor: Wiwit Purwanto
Sumber: Surya
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved