Sate Laler Kambing Muda

Di Pojok Alun Alun Sidayu Gresik Ada Sate Laler Daging Kambing Muda Bikin Nagih

sate laler Daging yang digunakan adalah daging kambing muda. Tekstur daging yang kenyal dan bumbu kacang

suryatravel/willy abraham
Kedai sederhana Sate Laler di pojokan Alun Alun Sidayu Gresik hanya buka malam hari 

SURYATRAVEL,COM, GRESIK – Kudapan sate, banyak orang sudah mengenalnya, biasanya sate biasa dengan porsi daging yang cukup tebal. Di Gresik ternyata ada sate berukuran kecil, namanya sate laler.

Nama sate laler atau lalat ini hanyalah sebuah nama, karena ukuran daging yang ditawarkan kepada para pelanggan cukup kecil dibanding ukuran daging sate biasanya.

Daging yang digunakan adalah daging kambing muda. Tekstur daging yang kenyal dan bumbu kacang membuat para penikmat sate akan ketagihan mencobanya.

Sate laler ini merupakan salah satu kuliner wajib jika berkunjung di Gresik saat malam hari. Lokasinya berada di pojok Alun-alun Sidayu, Kecamatan Sidayu.

Seporsi sate laler irisan daging kambing muda kecil kecil dengan bumbu kacang
Seporsi sate laler irisan daging kambing muda kecil kecil dengan bumbu kacang (suryatravel/willy abraham)

Pedagang sate yang terkenal di Sidayu bernama Andre. Pria berusia 45 tahun ini sudah menggeluti bisnis kuliner ini sejak 24 tahun lalu.

Tepatnya tahun 1996, bersama keluarganya ia memilih berjualan sate laler di wilayah Gresik bagian utara. Seperti di Sidayu dan Kecamatan Dukun.

Pedagang sate ini punya ciri khas dari penampilan depan hingga mudah dijumpai.

Yakni sate dijual dengan cara lesehan dan ditempatkan di rombong pikul dari bambu. Lonjoran bambu dibiarkan sebagai tempat menggantung kambing yang sudah dipotong.

Selain itu ciri khas lain, warung sate ini bersuasana remang-remang. Tidak ada lampu terang yang menerangi tempat ini. Penjual hanya memasang cahaya lampu teplok berkekuatan 2,5 watt atau lampu obor dari api yang dipasang di depan. Suasananya masih sama seperti saat pertama buka.

"Penjual sate laler di Gresik masih satu saudara. Jadi kalau rasa masih sama," terang Andre.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Wiwit Purwanto
Sumber: Surya
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved