Kuliner Iwak Kali

Kuliner Iwak Kali Bumbu Rempah Mbah Bayan DI Kediri Nendang Rasanya

Masakan dengan bahan baku iwak kali ini dimasak dengan bumbu rempah-rempah terasa nendang di lidah Menu kuliner iwak kali di Mbah Bayan Kediri

suryatravel/didik mashudi
Aneka menu masakan iwak kali yang tersedia di Warung Mbah Bayan Kota Kediri. 

SURYATRAVEL.COM, KEDIRI – Kuliner in dikenal dengan kelezatannya dengan menu iwak kali (ikan sungai) atau kolam yang ada di Kota Kediri.

Masakan dengan bahan baku iwak kali ini dimasak dengan bumbu rempah-rempah yang terasa nendang di lidah. 

Menu kuliner iwak kali ini bisa ditemui di Warung Mbah Bayan di Jl Pesantren Gang VIII Lingkungan Kleco, Kelurahan/Kecamatan Pesantren, Kota Kediri.

Warung ini baru buka bersamaan dengan Hari Jadi Kota Kediri tanggal 27 Juli 2020.

Di warung yang cukup luas dengan rindangnya pohon mangga terasa nikmat, sambil menikmati kuliner iwak kali. Masakan kuliner ini dimasak dengan resep khas bumbu Jawa yang sudah turun-temurun. 

Menu yang disiapkan mulai ikan gurami, udang sungai, ikan khutuk atau ikan gabus, ikan patin, ikan lele, belut, ikan nila serta wader. Ada juga aneka bhotok atau pepes iwak kali seperti pepes wader dan pepes udang. 

Semua menu masakan ini bakal terasa semakin nendang di lidah karena juga disiapkan sambal terasi merah dan urap-urap. Juga disiapkan minuman tradisional beras kencur dan kunir asem. 

Di masa pandemi Warung Mbah Bayan tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti pakai masker, jaga jarak dan disiapkan tempat cuci tangan. 

Jatmiko, pengelola Warung Mbah Bayan menuturkan, masakan andalannya memang masakan iwak kali.

"Dengan adanya menu iwak kali, supaya orang yang mencari masakan iwak kali tidak perlu keluar kota," ungkapnya, Sabtu (26/9/2020).

Apalagi Kota Kediri juga dilalui aliran Sungai Brantas, banyak tersedia ikan sungai. "Masakan yang selalu ada iwak wader. Kalau di daerah lain wader goreng, kita pakai wader crispy," ungkapnya.

Dengan memakai wader crispy, bisa dinikmati oleh semua usia anak-anak, orang dewasa sampai orangtua. Wader crispy ini empuk, gurih dan renyah.

Ada juga masakan ikan patin bumbu rujak dan khutuk bumbu blimbing. "Memang stok beberapa iwak kali memang sedikit ada masalah. Karena tidak setiap hari selalu ada," jelasnya.

Namun selama ini Jatmiko mengaku sudah mempunyai pemasok iwak kali yang secara rutin mengirimkan bahannya. Salah satunya pedagang dari Wates yang biasa mengirim iwak kali ke warungnya.

Sementara Imam, salah satu penikmat kuliner iwak kali memberikan apresiasi hadirnya Warung Iwak Kali Mbah Bayan bakal semakin melengkapi kuliner unggulan yang ada di Kota Kediri. (didik mashudi)

Ikuti kami di
Editor: Wiwit Purwanto
Sumber: Surya
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved