Travelers Jika Ke Surabaya Wajib Kenakan Protokol Kesehatan Ada Tim Swab Hunter Akan Mengintai

Travelers yang hendak jalan jalan ke Kota Pahlawan Surabaya perlu melakukan protokol kesehatan yang benar ada tim swab hunter

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
SURYATRAVEL.COM/Fatimatus Zahro
Muda-mudi asyik nongkrong di cafe juga menjadi sasaran tim Swab Hunter 

SURYATRAVEL.COM, SURABAYA – Travelers yang hendak jalan jalan ke Kota Pahlawan Surabaya perlu melakukan protokol kesehatan yang benar,  jika tidak Pemkot kini membentuk tim khusus bernama Swab Hunter yang akan beroperasi di berbagai lokasi di Surabaya. 

Tim ini bertugas untuk menjaring para pelanggar protokol kesehatan. Jika kedapatan, langsung diangkut untuk langsung dilakukan swab test oleh tim tersebut. 

"Jika ditemukan warga yang melanggar, langsung dikenakan sanksi dan dibawa untuk menjalani tes swab pada saat yang bersamaan," kata Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya, Irvan Widyanto, Kamis (1/10/2020). 

Tim tersebut terdiri dari tiga pilar. Yaitu, unsur Kecamatan, Kepolisian serta TNI. Ketiganya bersinergi menggelar razia protokol kesehatan di wilayah masing-masing. 

Ditengah pandemi Covid-19 ini, semua pihak memang terus diminta untuk memperhatikan betul protokol kesehatan. Disiplin pakai masker, jaga jarak jangan sampai berkerumun menjadi hal yang harus diperhatikan. 

Tim Swab Hunter ini bergerak pagi dan malam. Para pelanggar memang akan langsung di swab. 

Jika terjaring razia pada siang hari, pelanggar akan diangkut ke Puskesmas terdekat untuk langsung dites. Sementara jika terjaring pada malam hari, pelanggar akan diangkut dan dibawa ke beberapa lokasi swab yang disediakan Pemkot Surabaya. 

Irvan mengatakan, tim swab hunter itu merupakan salah satu hasil dari rapat evaluasi yang langsung dipimpin oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. 

Rapat yang digelar beberapa waktu lalu itu juga diikuti oleh camat di 31 Kecamatan di Surabaya. 

Risma memerintahkan agar upaya itu semakin massif. Selain itu, setidaknya dapat melakukan deteksi dini bagi mereka yang terpapar.  "Akhirnya terbentuklah Tim Swab Hunter," tambah Irvan. 

Saat ini, sudah ada beberapa kecamatan yang melakukan upaya tersebut. Diantaranya, Kecamatan Tambak Sari, Kecamatan Sawahan, dan Kecamatan Rungkut. 

Namun, Kepala BPB Linmas Surabaya itu memastikan jika operasi ini akan terus dilakukan oleh seluruh Kecamatan di Surabaya. 

"Nanti semuanya akan menggelar operasi Swab Hunter ini, akan terus dilakukan oleh teman-teman kecamatan demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19," ungkap mantan Kasatpol PP Surabaya itu.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved