Tiap Akhir Pekan, KA Wijaya Kusuma Kembali Beroperasi Melayani Rute Ketapang – Cilacap

PT KAI Daop 9 Jember mengoperasikan kembali KA Wijaya Kusuma relasi Ketapang – Cilacap meski hanya di akhir pekan.

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Akira Tandika
surabaya.tribunnews.com/sri wahyunik
KA Wijaya Kusuma yang kembali dioperasikan saat akhir pekan. 

SURYATRAVEL.COM | JEMBER - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 9 Jember mengoperasikan kembali KA Wijaya Kusuma relasi Ketapang – Cilacap, setelah berhenti karena pandemi.

Namun untuk sementara, operasional KA itu hanya dilakukan di akhir pekan, yakni Minggu.

PT KAI Daop 9 Jember mengoperasikan KA itu merujuk data okupansi pelanggan pada bulan September, yang menunjukkan kenaikan setiap akhir pekan (weekend).

Karena itu, PT KAI Daop 9 Jember mengoperasikan KA itu untuk mengakomodasi pelanggan.

“Untuk mengakomodasi kebutuhan pelanggan di akhir pekan, kami mengoperasikan kembali KA Wijaya Kusuma,” ujar Vice President KAI Daop 9 Jember, Agus Barkah Nugraha, Senin (5/10/2020).

Agus menjelaskan, di bulan September lalu, rata-rata volume pelanggan per hari pada weekend mencapai 1.952 pelanggan, naik 37 persen dibandingkan dengan rata-rata volume pelanggan per hari pada hari kerja yaitu 1.429 pelanggan.

Sejak beroperasi kembali pada bulan Juni, KAI Daop 9 Jember mencatat kenaikan okupansi pelanggan setiap bulannya.

Pada bulan September KAI Daop 9 Jember telah melayani sebanyak 49.135 pelanggan, naik 12 persen dibanding bulan Agustus sebanyak 43.967 pelanggan.

KA yang paling menjadi favorit pelanggan sejak beroperasi kembali di masa pandemi ini adalah KA Pandanwangi relasi Jember - Ketapang. Volume rata-rata penumpang harian sebanyak 743 pelanggan.

"Sedangkan untuk KA jarak jauh, KA Probowangi merupakan yang paling diminati pelanggan dengan volume rata-rata harian sebanyak 418 pelanggan,” tambahnya.

Karena animo masyarakat memilih moda transportasi kereta api terus meningkat, sehingga PT KAI Daop 9 Jember mengoperasikan KA Wijaya Kusuma meskipun tidak setiap hari.

KA yang setiap hari beroperasi di Daop 9 Jember antara lain KA Pandanwangi, Probowangi, Sritanjung, juga Tawangalun.

PT KAI juga memastikan kepatuhan penerapan protokol kesehatan, di antaranya menyediakan wastafel portable yang mudah dijangkau, antiseptik pencuci tangan, alat pengukur suhu badan baik saat boarding maupun di atas KA.

Selanjutnya membagikan face shield, membatasi kapasitas tempat duduk maksimal 70 persen, dan melakukan pembersihan pada area yang sering dipegang secara bergantian.

KAI Daop 9 Jember mengingatkan kepada para pelanggan KA untuk selalu menggunakan masker minimal tiga lapis.

Khusus untuk persyaratan KA jarak jauh, pelanggan wajib menunjukkan dokumen kesehatan seperti surat tes rapid, hasil tes swab dengan hasil nonreaktif/negatif atau surat keterangan bebas gejala influenza dari puskesmas/RS.

Terkait dengan Rapid test, KAI Daop 9 Jember bekerjasama dengan RNI menghadirkan fasilitas tes rapid dengan biaya Rp 85.000, dan tersedia di Stasiun Jember juga Stasiun Ketapang.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved