Kuliner Surabaya

Kangen Kuliner Jawa Tengah? Di Waroeng Pati Deka Hotel Surabaya Kini Ada Garang Asem dan Nasi Gandul

Bila anda sedang berada di Surabaya dan kangen dengan kuliner Jawa Tengah seperti Garang Asem, coba mampir ke Waroeng Pati di Deka Hotel Surabaya

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Akira Tandika
ist
Menu garang asem ayam kelapa muda di Waroeng Pati Deka Hotel, Surabaya 

SURYATRAVEL.COM, SURABAYA – Kangen dengan masakan Jawa Tengah khususnya Garang Asem?

Bila anda berada di Surabaya, sekarang tidak lagi susah mencarinya.

Sebab kuliner Garang Asem dengan cita rasa khas Jawa Tengah ini sudah ada di Waroeng Pati Surabaya, Deka Hotel di Jl. HR Muhammad.

Menu itu dinamai Garang Asem Ayam Kelapa Muda. Menu itu dibandrol seharga Rp 60 ribu per porsi.

Dari namanya saja sudah terbayangkan begitu menggoda kuliner ini,  

Chef Toni mengungkap rahasia kelezatan garang asem ayam kelapa muda yang dibuat dengan bumbu rempah. Di antaranya, bawang putih merah, lengkuas, jahe, belimbing wuluh, daun salam dan cabe rawit.

“Semua bahan disteam selama 45 menit. Selanjutnya garang asem dalam kondisi panas dituang ke dalam tempurung kelapa muda. Rasanya segar asem gurih. Jangan ragu mencoba, karena baru pertama ada di Surabaya,” katanya.

Selain kuliner khas Tengah, suasana Deka Hotel juga mendukung dengan konsep unik yakni penghijauan. Seluruh tanaman dikelola sendiri, jelas Budi Setiawan Manager Deka Hotel.

Seperti pohon asam yang sengaja ditanam sehingga buahnya dapat diproses menjadi minuman sinom dan bumbu masakan.

“Menu Waroeng Pati yang sengaja mengangkat konsep tradisional karena menunya tidak dijumpai di hotel lainnya. Diantaranya garang asem ayam kelapa muda, nasi ayam Adipati dan menu khas Pati Jateng yakni nasi gandul yang diangkat di Surabaya dengan chef asli daerah sana,” terang Budi.

Aneka masakan khas tradisional menjadi menu andalan Waroeng Pati Surabaya. Seperti sajian Nasi Gandul istimewa dengan lauk lengkap diantaranya, tempe baceman, empal, paru, lidah, babat, kikil, perkedel dan sate puyuh.

Demikian pula makanan pembuka masih dengan menu tradisional seperti  dadar jagung, tahu berontak, tahu petis, arum manis, lumpia goreng, puli bumbu pecel, urap urap, gado-gado dan sebagainya.

Selain garang asem, ada rawon buntut dan sop buntut. Sedangkan menu seafood ada ikan layur goreng, kotokan pindang, bandeng presto dan masih banyak lagi. Selain itu juga ada nasi goreng, nasi bakar dan aneka minuman sehat segar seperti jus buah, es campur, es godir dan sebagainya.

Jadi kalau sudah ngidam kuliner khas cita rasa Jawa Tengah, tak ada salahnya mampir ke Waroeng Pati Deka Hotel Surabaya.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved