Jelajah Bondowoso

Wisata Batu So'on di Bondowoso, Batu Bertumpuk yang Dijuluki Stonehenge Van Java

Batu So'on adalah batuan besar yang bertumpuk yang terletak di kecamatan Cerme, Kabupaten Bondowoso. Disebut-sebut mirip Stonehenge di Inggris

ist
Batu So'on merupakan salah satu wisata alam yang unik di Bondowoso. Strukturnya mirip Stonehenge yang berada di Inggris, Jumat (9/10). 

SURYATRAVEL, BONDOWOSO - Kabupaten Bondowoso dikenal dengan daya tarik wisata alamnya. Bukan hanya indah, wisata alam di Bondowoso mempunyai keunikan tersendiri, salah satunya Batu So'on.

Batu So'on adalah batuan besar yang bertumpuk yang terletak di kecamatan Cerme, Kabupaten Bondowoso. Tinggi Batu So'on berkisar 25 meter.

Kata batu so'on diambil dari sebutan masyarakat setempat, yakni Betoh So'on. Arti kata Betoh So'on dalam bahasa Madura adalah batu yang disunggih atau tersusun.

Struktur batu so'on ini mirip dengan situs Stonehenge di Salisbury Plain, Wilshire, Inggris. Sehingga, para wisatawan tak perlu lagi jauh-jauh melancong ke negeri Ratu Elizabeth untuk melihat Stonehenge. Datang saja ke Batu So'on atau Stonehenge Van Java di Kota Tape.

Akses menuju objek wisata Batu So'on sangat mudah dan nyaman, karena sudah beraspal. Para wisatawan tak perlu khawatir tersesat, karena Pemkab Bondowoso telah memasang papan penunjuk jalan ke Batu So'on di kawasan Kecamatan Cermee.

Perjalanan dari pusat kota atau alun-alun RBA Ki Ronggo menuju Batu So'on memakan waktu sekitar 1,5 jam. Dalam perjalanan, wisatawan bakal dimanjakan dengan panorama hamparan ladang pertanian dan perbukitan yang mengelilingi wilayah Cermee.

Tiket masuk wisata Batu So'on dibanderol Rp 5.000 dan biaya parkir Rp 2.000.

Kepala Bidang Pariwisata Disparpora Bondowoso, Arif Setyo Raharjo mengatakan Batu So'on masuk dalam daftar daya tarik wisata di Bondowoso. Batu So'on juga merupakan salah satu destinasi wisata favorit.

Pada 2019, pihaknya mencatat sebanyak 8.890 wisatawan domestik mengunjungi Batu So'on. Tak hanya domestik, wisata Batu So'on kerap dikunjungi pelancong mancanegara.

"Total wisatawan mancanegara yang berkunjung di Batu So'on pada 2019 berjumlah 200 orang. Batu So'on punya prospek bagus," katanya kepada Surya, Jumat (9/10).

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: eben haezer
Sumber: Surya
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved